Jumat, 06 Februari 2015

Contoh KTI Tentang YouTube

 PENGARUH YOUTUBE TERHADAP PRESTASI BELAJAR
SISWA SMP NEGERI 20 MALANG
Disusun untuk Melengkapi Tugas Bahasa Indonesia sebagai
Syarat Mengikuti Ujian Nasional ( UN )








Disusun oleh :
Age  Bima  Satria  ( 03/9B )

DINAS PENDIDIKAN KOTA MALANG
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 20 MALANG
Jalan Raden Tumenggung Suryo Nomor 38 Malang Telp. (0341) 491806
Tahun Pelajaran 2014 – 2015

LEMBAR PENGESAHAN

Karya tulis yang berjudul “Pengaruh YouTube terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 20 Malang” ini telah disetujui pada tanggal 5 Januari 2015.







Disetujui oleh :

Kepala SMP Negeri 20 Malang,                                     Guru Pembimbing,


Dra. Tutut Sri Wahyuni,M.M.Pd                               Dra. Rubiati, M.Pd
NIP. 19641005 198903 2009                                        NIP. 19680911 199512 2005









HALAMAN MOTTO

"Senyum adalah sedekah terindah"
"Sentuh masa depan dengan belajar"
"Kebaikan akan menghapus keburukan"
"Kesabaran adalah sumber kekuatan"
"Berusaha dan berdo'a adalah kunci kesuksesan"




KATA PENGANTAR

Puji Syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena rahmatNya penulis dapat menyelesaikan karya tulis yang berjudul “Pengaruh YouTube terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 20 Malang” dengan baik dan lancar.
Penyusunan karya tulis ini berisi penjabaran penelitian tentang pengaruh YouTube. Karena kini semakin maraknya YouTube di kalangan remaja SMP. Kemunculan YouTube juga berdampak pada pelajar. Baik positif maupun negatif. Karya tulis ini juga bertujuan sebagai bahan referensi pembaca, bagaimana perkembangan video di YouTube kini.
Penyusunan karya tulis ini tentunya tidak luput dari bantuan dan dukungan berbagai pihak. Oleh karena itu, penulis mengucapkan terimakasih kepada Ibu Dra. Tutut Sri Wahyuni,M.M.Pd selaku Kepala SMP Negeri 20 Malang, atas pengesahan karya tulis ini. Selanjutnya ucapan terima kasih kepada Ibu Dra. Rubiati, M.Pd selaku pembimbing mata pelajaran Bahasan Indonesia. Terima kasih atas bimbingannya menyusun karya tulis ini. Kemudian ucapan terima kasih diucapkan kepada Pak Edi, selaku guru TIK SMP Negeri 20 Malang yang telah bersedia kami wawancarai untuk menyelesaikan tugas ini. Selanjutnya ucapan terimakasih kepada Orang tua penulis, yang telah bersedia memberi dukungan serta materi. Kemudian ucapan terima kasih kepada Aldiansyah, selaku siswi kelas 9E SMP Negeri 20 Malang yang telah bersedia  penulis wawancarai untuk melengkapi data tugas ini. Tak lupa, penulis juga mengucapkan terima kasih kepada teman-teman penulis yang telah membantu dalam penyusunan karya tulis ini. Dan juga pihak-pihak lainnya yang tidak dapat penulis sebutkan satu persatu.
Penulis menyadari bahwa penyusunan karya tulis ini masih jauh dari sempurna. Kritik dan saran  yang bersifat membangun sangat penulis harapkan dari para pembaca.
Semoga karya tulis ini bermanfaat bagi para pembaca.

              
                                                                                    Malang, 5 Januari 2015


Penulis







DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL……………………………………….……………………..
LEMBAR PENGESAHAN….........……………………….…………………….
HALAMAN MOTTO………...………………………….……………………...
KATA PENGANTAR...…….......……………………….………………………
DAFTAR ISI………...............……………………….….……………………….
BAB  I PENDAHULUAN……...….....…….……………………………….……
1.1.Latar Belakang………………………………………………………………...
1.2.Ruang Lingkup Penelitian……………………………………………………..
1.3.Pembatasan Masalah…………………………………………………………..
1.4.Rumusan Masalah……………………………………………………………..
1.5.Tujuan Penelitian…………………………….………………………………...
1.6.Manfaat Penelitian…………………………………………………………….
1.7.Anggapan Dasar dan Hipotesis………………………………………………..
1.8.Sumber Data dan Metode………………………………….…………………
BAB II ANALISIS DAN PEMBAHASAN…………...…………………………
2.1. Pengertian dari YouTube………………………………………………….
2.2. Mengetahui Sejarah YouTube………………………………………
2.3. Cara Meng Upload Video Ke YouTube……………………………..
2.4. Kegunaan Dari YouTube…………….....................................................
2.5. Mengetahui Dampak Positif Dan Negatif Dari YouTube…………………….
2.6. Cara Menanggulangi Efek Negatif Dari Youtube …………………………...
2.7  Mengetahui kenapa orang menyukai YouTube  ………………….......
2.8  Cara mendaftaar akun YouTube........................................................
2.9 Pembahasan hasil angket…………………………………………………….
BAB III PENUTUP..………………………………………..……………………
3.1. Simpulan…………………………………….……………………………….
3.2. Saran…………………………………………………………………………
DAFTAR RUJUKAN…...…………….…………………………………………
LAMPIRAN…..…………………………………………………….……………
DAFTAR PERTANYAAN WAWANCARA…………………………………...
DAFTAR PERTANYAAN ANGKET………………………………………….
DIAGRAM HASIL ANGKET………………………………………………….
FOTO PENDUKUNG………………………………………………………




BAB I
PENDAHULUAN

Dalam bab pendahuluan ini penulis akan menguraikan tentang  (1) latar belakang (2) ruang lingkup penelitian (3) pembatasan masalah (4) rumusan masalah (5) tujuan penelitian (6) manfaat penelitian(7) anggapan dasar dan hipotesis (8) sumber data dan metode

1.1    Latar Belakang
Di zaman modern seperti sekarang perkembangan teknologi sangat berpengaruh terhadap kehidupan. Munculnya media sosial timbul karena teknologi yang begitu canggih. Media sosial adalah media online yang meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual, yang sangat berguna dan bermanfaat pada era modern seperti saat ini. Dengan medi
a sosial kita dapat mencari informasi yang sangat bermanfaat bagi mahasiswa, seperti mencari berita terbaru yang masih hangat diperbincangkan. Media sosial itu sendiri menawarkan multimedia yaitu hasil karya seseorang yang berupa gambar, video maupun desain yang disebar luaskan ke pengguna lainnya dan salah satu contohnya adalah YouTube.
YouTube adalah salah satu penyedia layanan video terbesar saat ini dan YouTube juga merupakan media untuk upload secara gratis. Para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. YouTube juga sangat cocok bagi kita yang ingin mencari informasi tanpa harus membaca artikel. Pada umumnya video-video di YouTube adalah video klip, acara TV, film serta video buatan para penggunanya sendiri. Manfaat lain dari penggunaan YouTube adalah bahwa isinya dapat disiarkan ke jutaan pemirsa. YouTube tersedia di hampir setiap negara di dunia dan di setiap komputer yang memiliki akses internet, serta dikunjungi setiap hari oleh jutaan orang.

1.2    Ruang Lingkup Masalah
                   YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu ada pula konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan.
       Kebanyakan konten di YouTube diunggah oleh individu, meskipun perusahaan-perusahaan media seperti CBSBBCVevoHulu, dan organisasi lain sudah mengunggah material mereka ke situs ini sebagai bagian dari program kemitraan YouTube. Pengguna tak terdaftar dapat menonton video, sementara pengguna terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah tak terbatas. Video-video yang dianggap berisi konten ofensif hanya bisa ditonton oleh pengguna terdaftar berusia 18 tahun atau lebih. Pada November 2006, YouTube, LLC dibeli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google.


1.3    Pembatasan Masalah
Berdasarkan ruang lingkup diatas, maka penulis membatasi penelitian ini. Antara lain sebagai berikut:
  1.3.1 Mengetahui Pengertian Dari YouTube
  1.3.2  Mengetahui Sejarah YouTube
  1.3.3  Mengetahui Cara Mengupload Video ke YouTube
  1.3.4 Mengetahui Kegunaan Dari YouTube
  1.3.5 Mengetahui Dampak Positif Dan Negatif Video Di Dalam YouTube
  1.3.6 Mengetahui Cara Menanggulangi Efek Negatif dari Video Di YouTube
  1.3.7 Mengetahui Apa Saja Alasan Orang Suka Membuka YouTube
  1.3.8 Mengetahui cara mendaftar meminta akun YouTube
  1.3.9 Pembahasan hasil angket tentang “Pengaruh YouTube terhadap Prestasi     Belajar Siswa SMP Negeri 20 Malang”.  

1.4  Rumusan Masalah
Berdasarkan  pembatasan  masalah di atas dapat dirumuskan  permasalahan penelitian sebagai berikut:
  1.4.1  Apakah Pengertian YouTube
  1.4.2  Bagaimana Sejarah YouTube
  1.4.3  Bagaimana Cara Mengupload Video ke YouTube
  1.4.4  Apakah Kegunaan Dari YouTube
  1.4.5  Apa Dampak Positif Dan Negatif Video Di Dalam YouTube
  1.4.6  Bagaimana Cara Menanggulangi Efek Negatif dari Video Di YouTube
  1.4.7  Apa Saja Alasan Orang Suka Membuka YouTube 
  1.4.8  Bagaaimana Cara mendaftaar akun YouTube
  1.4.9  Bagaimana Hasil Angket Tentang “Pengaruh YouTube Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMPN 20 MALANG”.

1.5     Tujuan Penelitian
Adapun tujuan masalah dari karya tulis ilmiah ini dibagi menjadi dua yaitu tujuan umum dan tujuan khusus, yang penjabarannya sebagai berikut:

1.5.1   Tujuan Umum
Berdasarkan rumusan masalah di atas tujuan penulis dalam penulisan karya tulis ini yaitu untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan YouTube terhadap prestasi belajar siawa SMP Negeri 20 Malang.

1.5.2   Tujuan Khusus
Adapun tujuan khusus dari penulisan karya tulis ilmiah ini meliputi:
  1.5.2.1   Mendiskripsikan Pengertian YouTube
  1.5.2.2   Mendiskripsikan Sejarah YouTube
  1.5.2.3   Mendiskripsikan Cara Mengupload Video ke YouTube
  1.5.2.4   Mendiskripsikan Kegunaan Dari YouTube
  1.5.2.5   Mendiskripsikan Dampak Positif Dan Negatif Video Di Dalam YouTube
  1.5.2.6   Mendiskripsikan Cara Menanggulangi Efek Negatif dari Video Di     
              You Tube
  1.5.2.7  Mendiskripsikan Apa Saja Alasan Orang Suka Membuka YouTube
  1.5.2.8  Mendiskripsikan Cara mendaftaar akun YouTube
  1.5.2.9  Mendiskripsikan Hasil Angket Tentang “Pengaruh YouTube Terhadap  Prestasi Belajar Siswa SMP N 20 MALANG”.

1.6     Manfaat Penelitian
Beberapa manfaat yang dapat diberikan oleh karya tulis ini sebagai   berikut.
1.6.1   Bagi guru :
  1.  Penelitian ini sangat berguna terutama sebagai bahan untuk perkembangan       untuk memotivasi siswa
  2.  Menambah wawasan mengenai bagaimana dampak penggunaan YouTube terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 20 Malang.
1.6.2   Bagi orang tua :
1. Dapat mengetahui pengaruh YouTube terhadap remaja masa kini.
2. Lebih intensif lagi dalam mengawasi penggunaan YouTube terhadap   remaja masa kini.
1.6.3   Bagi siswa :
  1.  Dapat mengetahui dampak positif dari penggunaan YouTube terhadap prestasi belajar siswa.
  2.  Dapat mengetahui dampak negatif dari penggunaan YouTube  terhadap prestasi belajar siswa.
  3.  Dapat mengetahui batasan-batasan dalam pengguaan YouTube



1.7         Anggapan Dasar dan Hipotesis
1.7.1  Anggapan Dasar
setiap harinya, selalu ada orang yang mengakses internet, baik melalui komputer, ponsel pintar, laptop ataupun komputer tablet. Lalu, apa saja yang dilakukan mereka di dunia maya?
Berikut ini adalah kenyataan yang didapat dari aktivitas pengguna internet dalam satu hari
1.   Dalam satu hari, semua data yang ada di internet dapat diinput ke dalam DVD hingga 168 Keping
  2.   Sebanyak 294 miliar email terkirim.
  3.   Ada 172 juta orang yang berbeda-beda mengunjungi Facebook, 40 juta orang  mengunjungi Twitter,22 juta orang mengunjungi Linkedin, 20 juta orang mengunjungi Google+, berjuta- juta orang mengunjungi YouTube, dan 17 orang mengunjungi Pinterest.
   4.   532 juta ber komen
5.   864 ribu jam video yang diunggah ke Youtube.
6. Waktu pengguna internet rata-rata untuk menonton video porno sekitar 14,6 menit.
Penyalahgunaan YouTube juga dilakukan dalam hal lain. Beberapa siswa SMP Negeri 20 Malang menyimpan video atau gambar porno yang diperoleh dari YouTube
1.7.2   Hipotesis
Berdasarkan anggapan dasar di atas maka hipotesis dalam penelitian ini adalah terdapat berpengaruh perilaku siswa SMP Negeri 20 Malang akibat menggunakan YouTube
1.8  Sumber Data dan Metode
Dalam penulisan karya tulis ini penulis juga mengumpulkan data-data dengan sumber data dan metode sebagai berikut.
1.8.1    Sumber Data
         Situs yang saya kunjungi sebagai berikut :
8 Januari 2015 pkl 20.49
8 Januari 2015 pkl 20.54
8 Januari 2015 pkl 21.01
8 Januari 2015 pkl 21.24
8 Januari 2015 pkl 22.22
8 Januari 2015 pkl 23.13
9 Januari 2015 pkl 18.23
8.      http://www.kurogaze.net/2014/01/alasan-orang-jepang-tidak-suka-fb.html
9 Januari 2015 pkl 18. 27
9.      http://fikarexact.blogspot.com/2013/01/12-fakta-menarik-tentang-internet-di.html
9 Januari 2015 pkl 18.47

1.8.2    Metode
1.  Wawancara
Wawancara ini penulis tujukan kepada guru TIK, wali murid, dan siswa SMP Negeri 20 Malang.
Untuk wawancara peneliti akan mewawancarai :
1)      Pak Edi
2)      Aldiansyah



2.    Angket
Penyebaran angket tentang “Pengaruh YouTube terhadap Prestasi Belajar Siswa-Siswi SMP Negeri 20 Malang” kepada 100 siswa kelas 7, 8, dan 9 SMP Negeri 20 Malang. Pada hari Senin 26 Januari 2015
3.      Observasi
Penulis juga melakukan observasi terhadap siswa-siswi SMP Negeri 20 Malang dengan penggunaan YouTube dalam lingkungan sekolah. Hasil observasi bisa dalam bentuk foto yang akan di lampirkan pada lembar lampiran. Pada hari
Senin 26 Januari 2015












BAB II
ANALISIS DAN PEMBAHASAN

Dalam bab analisis dan pembahasan ini penulis akan menjabarkan analisis dan pembahasan yang meliputi (1) Pengertian dari YouTube (2) Mengetahui Sejarah YouTube (3) Cara Meng Upload Video Ke YouTube (4) Kegunaan Dari YouTube (5) Mengetahui Dampak Positif Dan Negatif Dari YouTube (6) Cara Menanggulangi Efek Negatif Dari Youtube (7)  Mengetahui kenapa orang menyukai YouTube (8) cara mendaftar meminta akun YouTube (9) Pembahasan hasil angket tentang “Pengaruh YouTube terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 20 Malang”

2.1 Pengertian dari YouTube
       YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu ada pula konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan.
       Kebanyakan konten di YouTube diunggah oleh individu, meskipun perusahaan-perusahaan media seperti CBSBBCVevoHulu, dan organisasi lain sudah mengunggah material mereka ke situs ini sebagai bagian dari program kemitraan YouTube. Pengguna tak terdaftar dapat menonton video, sementara pengguna terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah tak terbatas. Video-video yang dianggap berisi konten ofensif hanya bisa ditonton oleh pengguna terdaftar berusia 18 tahun atau lebih. Pada November 2006, YouTube, LLC dibeli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google.
2.2. Mengetahui Sejarah YouTube
YouTube didirikan oleh Chad HurleySteve Chen, dan Jawed Karim, yang sebelumnya merupakan karyawan pertama PayPal. Hurley belajar desain di Indiana University of Pennsylvania, sementara Chen dan Karim belajar ilmu komputer di University of Illinois at Urbana-Champaign.
Menurut cerita yang berulang-ulang diterbitkan di media, Hurley dan Chen mengembangkan ide YouTube pada bulan-bulan pertama tahun 2005 setelah mengalami kesulitan saat berbagi video pesta makan malam di apartemen Chen di San Francisco. Karim tidak datang ke pesta dan menolak pesta tersebut pernah terjadi, sementara Chen berkomentar bahwa ide YouTube tercetuskan setelah pesta makan "tampaknya diperkuat oleh metode pemasaran yang terpusat pada menciptakan cerita yang mudah dicerna konsumen".
YouTube berawal sebagai sebuah perusahaan teknologi rintisan yang didanai oleh investasi senilai $11,5 juta dari Sequoia Capital antara November 2005 dan April 2006. Kantor pertama YouTube terletak di atas sebuah pizzeria dan restoran Jepang di San Mateo, California. Nama domain www.youtube .com aktif pada 14 Februari 2005 dan situs ini dikembangkan pada bulan-bulan berikutnya.
Video pertama di YouTube berjudul Me at the zoo. Video ini menampilkan pendiri pendamping Jawed Karim di San Diego Zoo. Video ini diunggah pada tanggal 23 April 2005 dan masih ada sampai sekarang di situs ini.
Bekas logo YouTube,2006-2011,dengan gradasi warna yang berbeda
YouTube menawarkan uji beta pada Mei 2005, enam bulan sebelum peluncuran resmi pada November 2005. Pertumbuhan situs ini meroket dan pada bulan Juli 2006, perusahaan ini mengumumkan bahwa lebih dari 65.000 video diunggah setiap harinya dan situs ini menerima 100 juta kunjungan video per hari. Menurut data yang dikumpulkan perusahaan riset pasar comScore, YouTube adalah penyedia video daring utama di Amerika Serikat denganpangsa pasar 43 persen dan lebih dari 14 miliar video ditonton pada bulan Mei 2010. YouTube mengatakan bahwa sekitar video berdurasi total 60 jam diunggah setiap menit dan tiga perempat materialnya berasal dari luar A.S. Situs ini menerima delapan ratus juta kunjungan unik setiap bulannya. Diperkirakan bahwa pada tahun 2007 YouTube mengonsumsi pita lebar yang sama besarnya seperti seisi Internet tahun 2000. Alexa menempatkan YouTube sebagai situs ketiga yang paling banyak dikunjungi di Internet, setelah Google dan Facebook.

Pemilihan nama www.youtube.com memunculkan masalah dengan situs bernama serupa,www,utube.com. Pemilik situs tersebut, Universal Tube & Rollform Equipment, mengajukan tuntutan hukum terhadap YouTube pada bulan November 2006 setelah situsnya dibanjiri pengunjung yang ingin mencari YouTube. Universal Tube sejak itu mengubah nama situsnya menjadi www.utubeonline.com Pada bulan Oktober 2006, Google Inc. mengumumkan bahwa mereka telah membeli YouTube dengan nilai $1,65 miliar dalam bentuk saham. Persetujuan ini dirampungkan pada 13 November 2006. Google tidak memberikan informasi rinci mengenai biaya operasi YouTube dan pendapatan YouTube tahun 2007 ditulis "tidak material" dalam pengisian formulir wajib. Bulan Juni 2008, sebuah artikel di majalah Forbes memperkirakan pendapatan YouTube tahun 2008 mencapai $200 juta setelah mengamati kemajuan penjualan iklannya. Pengunjung YouTube rata-rata menghabiskan 15 menit sehari untuk menonton video di sana, berbeda dengan 4-5 jam sehari yang dihabiskan warga Amerika Serikat biasa untuk menonton televisi.
YouTube menjajaki kerja sama pemasaran dan periklanan dengan NBC pada bulan Juni 2006. Bulan November 2008, YouTube membuat persetujuan dengan MGMLions Gate Entertainment, dan CBS, yang mengizinkan mereka mengunggah film dan episode televisi berdurasi penuh ke situs ini, disertai kotak iklan khusus penonton AS yang diberi nama "Shows". Tindakan ini bertujuan menciptakan persaingan dengan situs web seperti Hulu, yang menyimpan material tayangan dari NBCFox, dan Disney. Bulan November 2009, YouTube meluncurkan "Shows" untuk penonton Britania Raya dan menawarkan sekitar 4.000 acara berdurasi penuh dari 60 mitranya. Pada Januari 2010, YouTube memperkenalkan layanan sewa film daring, yang saat ini hanya tersedia untuk pengguna di kawasan Amerika Serikat, Kanada, dan Britania Raya. Layanan ini menawarkan lebih dari 6.000 film.

kantor pusat YouTube saat ini Sanbruno, California
Pada bulan Maret 2010, YouTube mulai menyiarkan konten tertentu secara gratis, termasuk 60 pertandingan kriket Indian Premier League. Menurut YouTube, ini merupakan siaran acara olahraga besar via Internet pertama di dunia yang bersifat gratis.
Pada tanggal 31 Maret 2010, YouTube meluncurkan desain situs baru dengan tujuan menyederhanakan antarmuka dan meningkatkan waktu yang dihabiskan pengguna di situs ini. Manajer Produk Google Shiva Rajaraman berkomentar: "Kami merasa perlu mundur sedikit dan membereskan segalanya." Pada bulan Mei 2010, YouTube dilaporkan melayani lebih dari dua miliar video per hari, jumlah yang dianggap "nyaris dua kali lipat penonton primetime di ketiga jaringan televisi terbesar Amerika Serikat". Pada Mei 2011, YouTube melaporkan di blog perusahaannya bahwa situs ini menerima lebih dari tiga miliar kunjungan per hari. Bulan Januari 2012, YouTube menyatakan bahwa jumlah tersebut naik menjadi empat miliar per hari.
Bulan Oktober 2010, Hurley menyatakan akan mengundurkan diri dari jabatan CEO YouTube dan menjadi penasihat perusahaan. Salar Kamangar akan mengambil alih kendali perusahaan ini.
   Pada bulan April 2011, James Zern, seorang teknisi perangkat lunak YouTube, mengungkapkan bahwa 30 persen video di YouTube mewakili 99 persen kunjungan ke situs ini.
Pada November 2011, jejaring sosial Google+ terintegrasi langsung dengan YouTube dan penjelajah web Chrome, sehingga video-video YouTube bisa ditonton di Google+. Bulan Desember 2011, YouTube meluncurkan antarmuka baru. Kanal video ditampilkan di kolom tengah halaman utama, sama seperti umpan berita situs-situs jejaring sosial. Pada saat yang sama, versi baru logo YouTube dipasang dengan bayangan merah yang lebih gelap. Inilah perubahan desain pertama mereka sejak Oktober 2006.

2.3. Cara Meng Upload Video Ke YouTube
Cara upload video ke Youtube :
 1. Login ke akun Youtube, jika belum register dulu yah.
 2. Kemudian klik Upload seperti pada gambar berikut ini:
 3. Kemudian pilih Upload Multiple Files dan lalu klik Select Files From Your Computer karena kita akan mengambil file video di komputer. Seperti gambar berikut.
 4. Setelah itu ambil atau pilih video di komputer kamu, sebagai contoh saya pilih video Zidane Goal di folder Downloads komputer saya. Seperti pada gambar.
 5. Youtube akan langsung meng-upload video kamu pilih tadi. Dan sembari menunggu proses upload, kamu bisa melakukan sesuatu seperti memberi judul video kamu, memberi keterangan tambahan, juga tag yang menggambarkan video kamu ini. Seperti pada gambar berikut ini.

Selesai. Maka video Youtube kamu akan langsung tayang setelah proses upload selesai, dan Youtube akan langsung memberi URL video kamu upload ini. Dan kamu bisa langsung kunjungi video tersebut, untuk melihat hasilnya.

2.4. Kegunaan Dari YouTube
YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flash Player. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise

2.5. Mengetahui Dampak Positif Dan Negatif Dari YouTube
Dampak positif dari youtube yang selama ini bisa dilihat adalah bagi perusahaan-perusahaan rekaman yang ingin melakukan promosi bagi artis-artisnya. Juga bagi perusahaan-perusahaan periklanan yang ingin mempromosikan suatu produk. Ada pula orang-orang yang dengan sengaja meng-upload video-video dokumenter baik sejarah perjuangan bangsa kita maupun dokumenter mengenai kisah-kisah menyentuh tentang kehidupan dari pedalaman Indonesia. Ada pula video-video ilmu pengetahuan tentang kehidupan baik dari dasar laut hingga luar angkasa. Semua ada di youtube. Hanya tinggal memasukkan kata kunci yang dicari, semua video yang memperluas wawasan bisa dilihat dan di-download kapan saja.

Dampak negatif salah satu contoh adalah dengan adanya Youtube para pembisnis banyak yang meng-upload video segala jenis produk atau jasanya, dengan begitu persaingan bisnis yang semangkin ketat di era globalisasi saat ini menuntut perusahaan untuk menyusun kembali strategi dan taktik bisnisnya yang kemudian jika dilihat lebih dalam, ternyata esensi dari persaingan terletak pada bagaimana sebuah perusahan dapat mengimplementasikan proses penciptaan produk atau jasanya secara lebih murah, lebih baik, dan lebih cepat dibandingkan dengan pesaing bisnisnya atau menciptakan produk yang berbeda atau unik yang tidak dapat diproduksi oleh pesaing.
Dengan perkembangan teknologi yang semakin teknologi yang semakin pesan semakin mudah pula seseorang bisa mengakses berbagai macam video, gambar, ebook, atau pun artikel. Akibatnya banyak yang menggunakan media internet sebagai tempat pelarian untuk mencari hal-hal baru, contohnya seperti di YouTube semua orang bisa mengakses berbagai macam video yang telah diunggah oleh orang banyak pemanfaatan YouTube ini dapat berdampak positif bagi penggunanya bila digunakan untuk mencari berbagai macam tutorial atau pun mengunggah video yang kita punya. Bila YouTube hanya digunakan untuk mencari video yang tidak etis, maka hal tersebut dapat berdampak negatif bagi penggunanya.

Dampak Positif
·         Dapat mencari video tutorial.
·         Bisa menjadi artis instant.
·         Bisa berbagai keceriaan dengan berbagi-pakai video yang kita miliki.
·         Dapat mencari video unik dan lucu.
·         Membuat orang kreatif dengan membuat video yang menarik.
Dampak Negatif
·         Dapat dipakai untuk mencari video porno.
·         Video-video kekerasan.
·         Video yang dapat merubah reputasi seseorang.
·         Mudah terpengaruh oleh hal yang tidak sesuai dengan kebiasaan atau kebudayaan suatu negara
·         Berkonotasi negative terhadap nama seseorang.

DAMPAK POSITIF YOUTUBE SECARA POLITISI
1.      Memperoleh informasi politisi
2.      Menyiarkan suatu peristiwa perkembangan politis
3.      Kampanye partai politik (seperti obama yang mengupload video tentang pidatonya)
4.      Siaran ulang kejadian perisitiwa politisi

DAMPAK NEGATIF YOUTUBE SECARA POLITISI
Setelah adanya video youtube pemerintahan setiap Negara di dunia yang berdaulat dalam mengatur dirinya sendiri semakin berkurang. Hal ini, dikarenakan adanya aturan-aturan baru yang telah disepakati bersama dengan lembaga-lembaga global misalnya PBB dan WTO.Campur tangan masyarakat internasional dan masuknya nilai-nilai budaya yang baru dari dunia luar seperti YouTube yang  memberi perubahan bidang politik dalam suatu Negara. Semakin meningkatnya nilai-nilai politik individu, kelompok, oposisi, diktator mayoritas atau tirani minoritas Timbulnya fanatisme rasial, etnis dan agama dalam forum dan organisasi. Dengan masuknya nilai-nilai politik barat baik secara langsung atau tidak langsung memberikan inspirasi timbulnya unjuk rasa, demonstrasi yang semakin berani dan terkadang mengabaikan kepentingan umum. Ini memungkinkan dapat berkembangnya paham liberalisme, terjadinya perubahan sistem ketatanegaraan, adanya Konspirasi internasional, artinya pertentangan kekuasaan dan percaturan politik internasional selalu mengarah kepada persekongkolan.

2.6. Cara Menanggulangi Efek Negatif Dari Youtube
Berikut cara untuk mengontrol aktivitas internet anak Anda tanpa membatasi dirinya:

1.  Luangkan waktu dengan anak saat belajar komputer dan internet
Meluangkan waktu lebih banyak bersama anak bisa dengan belajar bersama lebih dalam tentang komputer dan internet. Baik orangtua maupun anak harus tahu dan bisa mengoperasikan situs jejaring sosial, forum diskusi, keamanan transaksi belanja, cara chatting, cara mengetahui situs baik dan situs buruk, mencari dan memutar video di YouTube, dan cara mencari gambar dan video via Google.

2.  Berikan pemahaman mengenai manfaat dan bahaya internet
Setelah mempelajari caranya, tambahkan pemahaman pada anak tentang manfaat dan bahaya internet. Orangtua harus memiliki pengetahuan lebih luas, dan mendiskusikannya dengan anak. Beritahu juga soal karakteristik predator online, dan berbagai kasus terungkapnya predator online di berbagai negara.

3.  Ingatkan anak tentang konsep “orang asing”Ingatkan pada anak agar tidak percaya begitu saja pada orang yang baru dikenalnya. Tekankan kepada anak agar tidak memberikan informasi pribadi, seperti email dan nomor telepon.

4. Kenalkan etiket bergaul dengan teman “online”
Memperluas pergaulan sah saja, apalagi anak-anak kini sudah semakin terbuka dengan teknologi internet. Namun perlu diajarkan kepada anak agar memperhatikan batasan pergaulannya. Jangan izinkan anak-anak bertemu langsung dengan teman baru yang dikenal lewat chatting.

5.  Hindari anak mengakses internet di kamar pribadi
Meski fasilitas di rumah lengkap, komputer dan ponsel sudah terkoneksi dengan internet, pastikan ada batasan. Jangan biarkan anak-anak mengakses internet di kamar pribadinya. Letakkan komputer di ruang keluarga atau di ruangan orangtua agar mudah dilihat dan dikontrol.

6.  Kenalkan aktivitas kreatif lainnya dengan internet
Arahkan anak untuk melakukan aktivitas kreatif dan positif dengan media internet. Kenalkan juga tentang banyaknya kesempatan berprestasi atau mendapatkan hadiah dari kegiatan kreatif di internet, misalkan kompetisi menulis. Untuk itu kenalkan lebih dahulu kegiatan menulis di internet, misalnya dengan mengisi blog pribadi.
            
               Pada dasarnya, bila digunakan dengan baik, teknologi Internet tentu berdampak positif. Seseorang dapat dengan mudah mencari informasi yang ingin diketahui. Dengan hanya mengetikkan kata pada mesin pencari (search engine), ada banyak situs web yang dirujuk tentang informasi tersebut. Adanya e-mail memungkinkan seseorang dapat mengirim sebuah surat untuk orang lain dengan cepat dan mudah. Ruang obrol (chatting room) memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi dengan banyak orang yang saling berjauhan sekaligus. Atau yang sedang marak, hadirnya situs web jejaring sosial seperti Facebook atau Friendsteryang memungkinkan seseorang untuk menemukan teman lama yang sudah lama tidak dijumpai. Karena itu, peran dari orangtua untuk terus mengarahkan anak-anak agar cerdas dan berhati-hati menggunakan teknologi sangatlah penting. Jadi, jangan sampai orangtua tidak peduli perkemangan anak dengan alasan gaptek alias gagap teknologi ya. (vln)

2.7  Mengetahui kenapa orang menyukai YouTube
v  Karena video di YouTube lebih lengkap dari yang lainnya
v  Mudah cara mendaftarkan diri
perlu menyediakan sedikit informasi tentang diri Anda. Informasi ini termasuk nama Anda, negara yang Anda tinggal di, kode pos Anda, tanggal lahir, serta jenis kelamin Anda. Anda juga perlu untuk membuat nama pengguna YouTube untuk diri sendiri, serta password. Sandi dan nama pengguna akan digunakan untuk login ke account Anda. Sign up untuk account YouTube harus mengambil hanya beberapa menit dari waktu Anda
v     Tidak harus memakai nama asli, tgl lahir, dll ( bisa menjaga privasi )
Di Jepang orang lebih suka memakai YouTube dari pada Facebook karena jika facebook harus mengisi data diri asli seperti tanggaal lahir karena itu bisa menjadi bahan untuk orang berbuat jahat

2.8  Cara mendaftar akun YouTube
untuk mendaftar untuk meminta akun YouTube adalah :

 1. bahwa relatif mudah untuk dilakukan. Ketika Anda mendaftar untuk meminta akun YouTube, Anda perlu menyediakan sedikit informasi tentang diri Anda. Informasi ini termasuk nama Anda, negara yang Anda tinggal di, kode pos Anda, tanggal lahir, serta jenis kelamin Anda. Anda juga perlu untuk membuat nama pengguna YouTube untuk diri sendiri, serta password. Sandi dan nama pengguna akan digunakan untuk login ke account Anda. Sign up untuk account YouTube harus mengambil hanya beberapa menit dari waktu Anda, di paling.

 2. kemampuan untuk menilai video yang Anda tonton, dan juga meninggalkan komentar. Seperti disebutkan sebelumnya, Anda dapat menonton video di YouTube tanpa harus memiliki account YouTube, tapi Anda tidak dapat menilai video atau meninggalkan komentar untuk pemilik video. Rating YouTube video YouTube lain pengguna memberikan ide untuk yang video yang tinggi permintaan, yang, pada gilirannya, dapat menyebabkan lebih banyak video favorit anda yang ditemukan di situs YouTube. Itu hanyalah salah satu dari banyak alasan mengapa Anda sebaiknya tidak hanya mendaftar untuk akun YouTube gratis, tetapi juga menilai YouTube yang Anda menonton atau meninggalkan komentar.

 3. Selain mampu untuk menilai atau melihat video, mendaftar untuk meminta akun YouTube juga memberikan anda pilihan untuk berbagi video Anda dengan pengguna internet lain. YouTube terdaftar non-anggota dapat meng-upload dan berbagi video apapun bahwa mereka mungkin telah dibuat. Jika Anda belum pernah berbagi video secara online, Anda mungkin ingin untuk berpikir tentang melakukan hal itu, karena mereka menyenangkan untuk membuat. Banyak video yang ditemukan di YouTube saat ini adalah drama komedi, video blog, dan jujur video. Semua benar-benar harus Anda miliki adalah alat perekam video, seperti telepon seluler, webcam, atau camcorder, dan program perangkat lunak editing film, yang sekarang sudah standar pada kebanyakan komputer.

 4.  Sebagaimana dinyatakan sebelumnya, menciptakan account dengan YouTube keanggotaan adalah gratis dan hanya mengambil beberapa menit dari waktu Anda. Jika Anda menikmati penggunaan internet sebagai sumber hiburan, Anda tidak hanya ingin mengunjungi YouTube, tetapi Anda akan juga ingin mengambil beberapa menit yang diperlukan untuk mendaftar untuk mendapatkan akun gratis. Pada akhirnya, Anda mungkin akan senang dengan keputusan Anda untuk melakukannya.

2.9 Hasil Angket tentang “Pengaruh Handphone terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 20 Malang”
1   Pada pertanyaan “Apakah Anda pernah membuka video di YouTube” 100% menjawab “Iya” 0 % Menjawab “Tidak” 0% Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil seluruhnya mempunyai akun facebook.
2   Pada pertanyaan “Menurut Anda video Di YouTube berpengaruh negatif  bagi Anda23% menjawab “Iya” 13% Menjawab “Tidak” 64% Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil sebagian besar menjawab facebook mempengaruhi perilaku pengguna facebook
3   Pada pertanyaan “Menurut Anda apakah video YouTube baik bagi Anda” 50% menjawab “Iya” 35 % Menjawab “Tidak” 15% Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil sebagian besar menjawab bahwa pengguna setiap hari menggunakan facebook
4   Pada pertanyaan “Apakah  video di YouTube mengganggu prestasi Anda” 80% menjawab “Iya” 15 % Menjawab “Tidak” 5% Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil sebagian besar menjawab bahwa pengguna setiap hari menggunakan facebook
5   Pada pertanyaan “Apa YouTube cocok bagi anak-anak hingga dewasa79% menjawab “Iya” 1 % Menjawab “Tidak” 30% Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil sebagian besar menjawab bahwa pengguna setiap hari menggunakan facebook
6    Pada pertanyaan “Apakah orang lain mengetahui saat anda membuka YouTube” 50% menjawab “Iya” 35 % Menjawab “Tidak” 15% Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil sebagian besar menjawab bahwa pengguna setiap hari menggunakan facebook
7    Pada pertanyaan “Apakah Anda setiap hari melihat video di YouTube35% menjawab “Iya” 57 % Menjawab “Tidak” 8% Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil sebagian besar menjawab bahwa perilaku pengguna facebook dipengaruhi oleh facebook
8   Pada pertanyaan “Apakah orang tua Anda mengetahui saat anda membuka video di YouTube71% menjawab “Iya” 26 % Menjawab “Tidak” 3% Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil sebagian besar menjawab bahwa orang tua pengguna akun facebook mengetahui bahwa anaknya menggunakan facebook
9   Pada pertanyaan “Apakah selama anda membuka Youtube berada di bawah pengawasan orang tua35% menjawab “Iya” 36 % Menjawab “Tidak” 29% Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil sebagian besar menjawab bahwa pengguna akun facebook tidak di bawah pengawasan orang tua
10  Pada pertanyaan “Apakah anda pernah meng upload Video ke YouTube3% menjawab “Iya” 91 % Menjawab “Tidak” 6% Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil sebagian besar menjawab bahwa pengguna akun facebook berpikir bahwa game yang berada di facebook bersifat negatif
11  Pada pertanyaan “Apakah Anda pernah mengkritik video di YouTube60% menjawab “Iya” 25 % Menjawab “Tidak” 15% Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil sebagian besar menjawab bahwa pengguna akun facebook mengikuti grup yang dapat membawa perilaku positif kepada pengguna
12  Pada pertanyaan “Apakah YouTube mengganggu waktu pelajaran Anda77% menjawab “Iya” 14 % Menjawab “Tidak” 9 % Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil sebagian besar menjawab bahwa pengguna akun facebook pernah memulai perdebatan di akun facebook
13  Pada pertanyaan “Apakah video di YouTube membantu Anda untuk menyelesaikan tugas anda” 67% menjawab “Iya” 28% Menjawab “Tidak” 5 % Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil sebagian besar menjawab bahwa pengguna akun facebook tidak terlalu suka berkomunikasi melalui facebook
14  Pada pertanyaan “Menurut Anda video Di YouTube berpengaruh positif bagi Anda11% menjawab “Iya” 0 % Menjawab “Tidak” 89% Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil sebagian besar menjawab bahwa pengguna akun facebook lebih suka berbicara langsung kepada teman dibanding menggunakan facebook
15  Pada pertanyaan “Apakah Anda pernah mendownload video di YouTube” 96% menjawab “Iya” 5% Menjawab “Tidak” 3% Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil sebagian besar menjawab bahwa pengguna akun facebook tidak setuju bahwa facebook cocok bagi segala umur
16 Pada pertanyaan “Apakah Anda pernah mendownload di YouTube karena tugas dari guru Anda73 % menjawab “Iya” 25 % Menjawab “Tidak” 2 % Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil sebagian besar menjawab bahwa pengguna akun facebook bisa membedakan pengaruh positif dan negatif  dalam facebook
17 Pada pertanyaan “Apakah Anda bisa membedakan dampak positif dengan dampak negatif dari film di Youtube”91% menjawab “Iya” 0 % Menjawab “Tidak” 9 % Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil sebagian besar menjawab bahwa pengguna akun facebook tidak terpengaruh oleh facebook
18 Pada pertanyaan “Apakah Youtube dapat berpengaruh pola pikir Anda69% menjawab “Iya” 30 % Menjawab “Tidak” 1 % Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil sebagian besar menjawab bahwa pengguna akun facebook mengalami perbuhan sikap gaya bahasa setelah menggunakan facebook
19 Pada pertanyaan “Apakah Anda merasa tidak puas jika seharian tidak membuka video di youtube76 % menjawab “Iya” 14 % Menjawab “Tidak” 10% Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil sebagian besar menjawab bahwa pengguna akun facebook merasakan secara langsung dampak yang ditimbulkan dari facebook dibidang perubahan perilaku
20 Pada pertanyaan “Apakah YouTube merupakan salah satu media untuk Anda belajar93 % menjawab “Iya” 5 % Menjawab “Tidak” 2% Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil sebagian besar menjawab bahwa pengguna  akun facebook orang yang memilih – milih teman dalam facebook
                                                                                                     















BAB III
PENUTUP

Dalam bab penutup ini penulis mengemukakan (1) simpulan dan (2) saran dari karya tulis ilmiah ini.

3.1 Simpulan
YouTube adalah sebuah situs web berbagi video yang dibuat oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Perusahaan ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten video buatan pengguna, termasuk klip film, klip TV, dan video musik. Selain itu ada pula konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video pendidikan.
Pengguna tak terdaftar dapat menonton video, sementara pengguna terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah tak terbatas. Video-video yang dianggap berisi konten ofensif hanya bisa ditonton oleh pengguna terdaftar berusia 18 tahun atau lebih. Pada November 2006, YouTube, LLC dibeli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaan Google.
YouTube didirikan oleh Chad HurleySteve Chen, danJawed Karim, yang sebelumnya merupakan karyawan pertama PayPal. Hurley belajar desain di Indiana University of Pennsylvania, sementara Chen dan Karim belajar ilmu komputer di University of Illinois at Urbana-Champaign.
Menurut cerita yang berulang-ulang diterbitkan di media, Hurley dan Chen mengembangkan ide YouTube pada bulan-bulan pertama tahun 2005 setelah mengalami kesulitan saat berbagi video pesta makan malam di apartemen Chen di San Francisco. Karim tidak datang ke pesta dan menolak pesta tersebut pernah terjadi, sementara Chen berkomentar bahwa ide YouTube tercetuskan setelah pesta makan "tampaknya diperkuat oleh metode pemasaran yang terpusat pada menciptakan cerita yang mudah dicerna konsumen".
YouTube berawal sebagai sebuah perusahaan teknologi rintisan yang didanai oleh investasi senilai $11,5 juta dari Sequoia Capital antara November 2005 dan April 2006. Kantor pertama YouTube terletak di atas sebuah pizzeria dan restoran Jepang di San Mateo, California. Nama domain www.youtube .com aktif pada 14 Februari 2005 dan situs ini dikembangkan pada bulan-bulan berikutnya.
Video pertama di YouTube berjudul Me at the zoo. Video ini menampilkan pendiri pendamping Jawed Karim di San Diego Zoo. Video ini diunggah pada tanggal 23 April 2005 dan masih ada sampai sekarang di situs ini.

Bekas logo YouTube,2006-2011,dengan gradasi warna yang berbeda
YouTube menawarkan uji beta pada Mei 2005, enam bulan sebelum peluncuran resmi pada November 2005. Pertumbuhan situs ini meroket dan pada bulan Juli 2006, perusahaan ini mengumumkan bahwa lebih dari 65.000 video diunggah setiap harinya dan situs ini menerima 100 juta kunjungan video per hari. Menurut data yang dikumpulkan perusahaan riset pasar comScore, YouTube adalah penyedia video daring utama di Amerika Serikat denganpangsa pasar 43 persen dan lebih dari 14 miliar video ditonton pada bulan Mei 2010. YouTube mengatakan bahwa sekitar video berdurasi total 60 jam diunggah setiap menit dan tiga perempat materialnya berasal dari luar A.S. Situs ini menerima delapan ratus juta kunjungan unik setiap bulannya. Diperkirakan bahwa pada tahun 2007 YouTube mengonsumsi pita lebar yang sama besarnya seperti seisi Internet tahun 2000. Alexa menempatkan YouTube sebagai situs ketiga yang paling banyak dikunjungi di Internet, setelah Google dan Facebook.

Pemilihan nama www.youtube.com memunculkan masalah dengan situs bernama serupa,www,utube.com. Pemilik situs tersebut, Universal Tube & Rollform Equipment, mengajukan tuntutan hukum terhadap YouTube pada bulan November 2006 setelah situsnya dibanjiri pengunjung yang ingin mencari YouTube. Universal Tube sejak itu mengubah nama situsnya menjadi www.utubeonline.com Pada bulan Oktober 2006, Google Inc. mengumumkan bahwa mereka telah membeli YouTube dengan nilai $1,65 miliar dalam bentuk saham. Persetujuan ini dirampungkan pada 13 November 2006. Google tidak memberikan informasi rinci mengenai biaya operasi YouTube dan pendapatan YouTube tahun 2007 ditulis "tidak material" dalam pengisian formulir wajib. Bulan Juni 2008, sebuah artikel di majalah Forbes memperkirakan pendapatan YouTube tahun 2008 mencapai $200 juta setelah mengamati kemajuan penjualan iklannya. Pengunjung YouTube rata-rata menghabiskan 15 menit sehari untuk menonton video di sana, berbeda dengan 4-5 jam sehari yang dihabiskan warga Amerika Serikat biasa untuk menonton televisi.

YouTube menjajaki kerja sama pemasaran dan periklanan dengan NBC pada bulan Juni 2006. Bulan November 2008, YouTube membuat persetujuan dengan MGMLions Gate Entertainment, dan CBS, yang mengizinkan mereka mengunggah film dan episode televisi berdurasi penuh ke situs ini, disertai kotak iklan khusus penonton AS yang diberi nama "Shows". Tindakan ini bertujuan menciptakan persaingan dengan situs web seperti Hulu, yang menyimpan material tayangan dari NBCFox, dan Disney. Bulan November 2009, YouTube meluncurkan "Shows" untuk penonton Britania Raya dan menawarkan sekitar 4.000 acara berdurasi penuh dari 60 mitranya. Pada Januari 2010, YouTube memperkenalkan layanan sewa film daring, yang saat ini hanya tersedia untuk pengguna di kawasan Amerika Serikat, Kanada, dan Britania Raya. Layanan ini menawarkan lebih dari 6.000 film.

Pada bulan Maret 2010, YouTube mulai menyiarkan konten tertentu secara gratis, termasuk 60 pertandingan kriket Indian Premier League. Menurut YouTube, ini merupakan siaran acara olahraga besar via Internet pertama di dunia yang bersifat gratis.
Pada tanggal 31 Maret 2010, YouTube meluncurkan desain situs baru dengan tujuan menyederhanakan antarmuka dan meningkatkan waktu yang dihabiskan pengguna di situs ini. Manajer Produk Google Shiva Rajaraman berkomentar: "Kami merasa perlu mundur sedikit dan membereskan segalanya." Pada bulan         Mei 2010, YouTube dilaporkan melayani lebih dari dua miliar video per hari, jumlah yang dianggap "nyaris dua kali lipat penonton primetime di ketiga jaringan televisi terbesar Amerika Serikat". Pada Mei 2011, YouTube melaporkan di blog perusahaannya bahwa situs ini menerima lebih dari tiga miliar kunjungan per hari. Bulan Januari 2012, YouTube menyatakan bahwa jumlah tersebut naik menjadi empat miliar per hari.
Bulan Oktober 2010, Hurley menyatakan akan mengundurkan diri dari jabatan CEO YouTube dan menjadi penasihat perusahaan. Salar Kamangar akan mengambil alih kendali perusahaan ini.
Pada bulan April 2011, James Zern, seorang teknisi perangkat lunak YouTube, mengungkapkan bahwa 30 persen video di YouTube mewakili 99 persen kunjungan ke situs ini.
Pada November 2011, jejaring sosial Google+ terintegrasi langsung dengan YouTube dan penjelajah web Chrome, sehingga video-video YouTube bisa ditonton di Google+. Bulan Desember 2011, YouTube meluncurkan antarmuka baru. Kanal video ditampilkan di kolom tengah halaman utama, sama seperti umpan berita situs-situs jejaring sosial. Pada saat yang sama, versi baru logo YouTube dipasang dengan bayangan merah yang lebih gelap. Inilah perubahan desain pertama mereka sejak Oktober 2006.

Cara upload video ke Youtube :
 1. Login ke akun Youtube, jika belum register dulu
 2. Kemudian klik Upload seperti pada gambar berikut ini:
 3. Kemudian pilih Upload Multiple Files dan lalu klik Select Files dari komputer kamu
 4. Setelah itu ambil atau pilih video di komputer kamu
 5. Youtube akan langsung meng-upload video kamu pilih tadi. Dan sembari  menunggu proses upload, kamu bisa melakukan sesuatu seperti memberi judul video kamu, memberi keterangan tambahan, juga tag yang menggambarkan video kamu ini. Seperti pada gambar berikut ini.
Selesai. Maka video Youtube kamu akan langsung tayang setelah proses upload selesai, dan Youtube akan langsung memberi URL video kamu upload ini. Dan kamu bisa langsung kunjungi video tersebut, untuk melihat hasilnya.

YouTube adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flash Player. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise

Berikut cara untuk mengontrol aktivitas internet anak Anda tanpa membatasi dirinya:

1. Luangkan waktu dengan anak saat belajar komputer dan internet
2. Berikan pemahaman mengenai manfaat dan bahaya internet
3. Ingatkan anak tentang konsep “orang asing”
4. Kenalkan etiket bergaul dengan teman “online”
5. Hindari anak mengakses internet di kamar pribadi
6. Kenalkan aktivitas kreatif lainnya dengan internet            
             
 Pada dasarnya, bila digunakan dengan baik, teknologi Internet tentu berdampak positif. Seseorang dapat dengan mudah mencari informasi yang ingin diketahui. Dengan hanya mengetikkan kata pada mesin pencari (search engine), ada banyak situs web yang dirujuk tentang informasi tersebut. Adanya e-mail memungkinkan seseorang dapat mengirim sebuah surat untuk orang lain dengan cepat dan mudah. Ruang obrol (chatting room) memungkinkan seseorang untuk berkomunikasi dengan banyak orang yang saling berjauhan sekaligus. Atau yang sedang marak, hadirnya situs web jejaring sosial seperti Facebook atau Friendsteryang memungkinkan seseorang untuk menemukan teman lama yang sudah lama tidak dijumpai. Karena itu, peran dari orangtua untuk terus mengarahkan anak-anak agar cerdas dan berhati-hati menggunakan teknologi sangatlah penting. Jadi, jangan sampai orangtua tidak peduli perkemangan anak dengan alasan gaptek alias gagap teknologi ya. (vln)

untuk mendaftar untuk meminta akun YouTube adalah :
 1. bahwa relatif mudah untuk dilakukan. Ketika Anda mendaftar untuk meminta akun YouTube, Anda perlu menyediakan sedikit informasi tentang diri Anda.
 2. kemampuan untuk menilai video yang Anda tonton, dan juga meninggalkan komentar..
 3. Selain mampu untuk menilai atau melihat video, mendaftar untuk meminta akun YouTube juga memberikan anda pilihan untuk berbagi video Anda dengan pengguna internet lain. YouTube terdaftar non-anggota dapat meng-upload dan berbagi video apapun bahwa mereka mungkin telah dibuat. Jika Anda belum pernah berbagi video secara online, Anda mungkin ingin untuk berpikir tentang melakukan hal itu, karena mereka menyenangkan untuk membuat. Banyak video yang ditemukan di YouTube saat ini adalah drama komedi, video blog, dan jujur video. Semua benar-benar harus Anda miliki adalah alat perekam video, seperti telepon seluler, webcam, atau camcorder, dan program perangkat lunak editing film, yang sekarang sudah standar pada kebanyakan komputer.
 4. Sebagaimana dinyatakan sebelumnya, menciptakan account dengan YouTube keanggotaan adalah gratis dan hanya mengambil beberapa menit dari waktu Anda.

Media sosial adalah sebuah media online, dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan. Media sosial meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Sementara, YouTube adalah situs web yang menyediakan berbagai macam video mulai dari video clip sampai film, serta video-video yang dibuat oleh pengguna YouTube sendiri.
Berikut dampak positif dan negatif dari YouTube :
Dampak Positif :
- Dapat mencari video tutorial
- Bisa berbagi keceriaan dengan berbagi-pakai video yang kita miliki
- Membuat orang kreatif dengan membuat video yang menarik
Dampak negatif :
- Dapat dipakai untuk mencari video porno
- Video-video kekerasan
- Video yang dapat memperjelek nama seseorang


3.2 Saran

1)        Guru
a.       Dampak YouTube
   Agar siswa lebih mengerti bagaimana penggunaan YouTube pihak guru sebaiknya mengadakan penyuluhan dampak YouTube membantu siswa dalam penggunaan YouTube  yang lebih afektif.

2)        Orang Tua
a.       Ketersediaan berbagai teknologi.
Ada anak yang sebelumnya berprestasi dan seiring berjalannya waktu, prestasi si anak terus menurun. Setelah diselidiki secara mendalam, ternyata penurunan mulai terjadi saat orang tua membelikan Blackberry(BB) untuk si anak. Waktu belajar yang seyogyanya diisi dengan belajar dihabiskan oleh anak tersebut dengan sibuk  Membuka YouTube melihat video yang tidak pantas dilihat ( SmackDown, Tinju, video yang aneh-aneh ,dll ). Perkembangan teknologi sering ikut menghancurkan prestasi yang telah diraih siswa saat digunakan secara tidak tepat.
b.      Dukungan orang tua
c.       Dukungan lingkungan.
Lingkungan pergaulan juga menjadi salah satu faktor penting di dalam menciptakan prestasi belajar siswa. Saat anak Anda bergaul di lingkungan anak-anak yang mau dan senang belajar, anak Anda akan terpengaruh secara positif untuk melakukan hal yang sama. Lain halnya jika anak Anda bergaul dengan anak-anak yang senang menghabiskan waktu dengan bermain, maka anak Anda juga akan mudah terpengaruh untuk melakukan hal yang sama.
3)        Siswa
a.        Motivasi.
   Motivasi memegang peranan penting bagi siswa di dalam meraih prestasi. Siswa dengan motivasi yang tinggi walau kemampuannya biasa saja akan meraih prestasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan siswa dengan kemampuan baik tetapi tanpa motivasi.
b.      Pengaturan Waktu yang Efektif
  Keefektifan dalam beraktifitas sangat berpengaruh terhadap prestasi seseorang. Oleh karena itu, gunakan waktu dengan se-efektif mungkin. Terutama dalam pembagian waktu antar membuka YouTube dengan belajar rutin.

DAFTAR RUJUKAN
8 Januari 2015 pkl 20.49
8 Januari 2015 pkl 20.54
8 Januari 2015 pkl 21.01
8 Januari 2015 pkl 21.24
8 Januari 2015 pkl 22.22
8 Januari 2015 pkl 23.13
9 Januari 2015 pkl 18.23
17.  http://www.kurogaze.net/2014/01/alasan-orang-jepang-tidak-suka-fb.html
9 Januari 2015 pkl 18. 27
18.  http://fikarexact.blogspot.com/2013/01/12-fakta-menarik-tentang-internet-di.html
9 Januari 2015 pkl 18.47







LAMPIRAN
DAFTAR PERTANYAAN WAWANCARA
a.         Guru
1) Apakah Anda setuju jika YouTube di pakai anak smpn 20 Malang?
2) menurut Anda Mengapa YouTube sering di buka orang? Jelaskan!
3) menurut Anda Bagaimana cara terbaik untuk menggunakan YouTube agar siswa  tidak terpengaruh efek negatif dari YouTube ?
4) Menurut Anda apakah YouTube membantu siswa SMPN 20 dalam hal prestasi? Mengapa!
5) Apa Anda mengetahui fungsi utama dari YouTube?
6) Mengapa orang-orang biasanya belajar menggunakan video di YouTube (seperti tari,menggambar,olahraga)?
7) Apakah Anda mengetahui hal-hal positif di YouTube? Apa saja!
8) Menurut Anda apakah keberadaan YouTube sangat membantu siswa smpn 20 Malang dalam biang pembelajaran?
9) Menurut Anda Apakah video di YouTube cocok untuk anak SMPN 20?
10) Seandainya Anda sudah kecanduan dengan YouTube bagaimana cara mengatasinya?
b.         Siswa
1) Apakah Anda menyukai video di YouTube? Mengapa!
2) Mengapa YouTube digemari banyak orang? Jelaskan!
3) Menurut Anda bagaimana cara terbaik untuk menggunakan YouTube agar kita tidak 
     terpengaruh efek negatif dari YouTube?
4) Apa YouTube perlu diketahui semua orang? Menapa!
5) Bagaimana cara membedakan dampak positif daan negatif dari YouTube?
6) Apakah anda biasanya mencari informasi menggunakan video di YouTube ?
7) Apakah Anda mengetahui hal-hal positif di YouTube? Apa saja!
8) Apakah menurut Anda keberadaan YouTube sangat membantu Anda dalam memenuhi tugas dari Guru
9) menurut anda apakah video yang di tampilkan di YouTube cocok bagi anda?
10) Seandainya Anda sudah kecanduan dengan YouTube bagaimana cara mengatasinya?













DAFTAR PERTANYAAN ANGKET :
No
Pertanyaan
Ya
Tidak
Ragu-Ragu
1
Apakah Anda pernah membuka video di YouTube?



 2
Menurut Anda video Di YouTube berpengaruh negatif  bagi Anda?



3
Menurut Anda apakah video YouTube baik bagi Anda?



4
Apakah  video di YouTube mengganggu prestasi Anda?



5
Apa YouTube cocok bagi anak-anak hingga dewasa?



6
Apakah orang lain mengetahui saat anda membuka YouTube?



7
Apakah Anda setiap hari melihat video di YouTube?



8
Apakah orang tua Anda mengetahui saat anda membuka video di YouTube?



9
Apakah selama anda membuka Youtube berada di bawah pengawasan orang tua?



10
Apakah anda pernah meng upload Video ke YouTube?



11
Apakah Anda pernah mengkritik video di YouTube?



12
Apakah YouTube mengganggu waktu pelajaran Anda?



13
Apakah video di YouTube membantu Anda untuk menyelesaikan tugas anda?



14
Menurut Anda video Di YouTube berpengaruh positif bagi Anda?



15
Apakah Anda pernah mendownload video di YouTube?



16
Apakah Anda pernah mendownload di YouTube karena tugas dari guru Anda?



17
Apakah Anda bisa membedakan dampak positif dengan dampak negatif dari film di Youtube?



18
Apakah Youtube dapat berpengaruh pola pikir Anda?



19
Apakah Anda merasa tidak puas jika seharian tidak membuka video di youtube?



20
Apakah YouTube merupakan salah satu media untuk Anda belajar?














DIAGRAM HASIL ANGKET









FOTO PENDUKUNG

Tidak ada komentar:

Posting Komentar