PENGARUH
YOUTUBE TERHADAP PRESTASI BELAJAR
SISWA SMP NEGERI 20 MALANG
Disusun untuk Melengkapi Tugas Bahasa
Indonesia sebagai
Syarat Mengikuti Ujian Nasional ( UN )
Disusun oleh :
Age
Bima Satria ( 03/9B )
DINAS PENDIDIKAN KOTA MALANG
SEKOLAH MENENGAH PERTAMA NEGERI 20 MALANG
Jalan Raden Tumenggung Suryo Nomor 38 Malang
Telp. (0341) 491806
Tahun Pelajaran 2014 – 2015
LEMBAR PENGESAHAN
Karya tulis yang berjudul “Pengaruh YouTube terhadap Prestasi Belajar
Siswa SMP Negeri 20 Malang” ini telah disetujui pada tanggal 5 Januari 2015.
Disetujui oleh :
Kepala SMP Negeri 20 Malang, Guru Pembimbing,
Dra.
Tutut Sri Wahyuni,M.M.Pd Dra. Rubiati, M.Pd
NIP.
19641005 198903 2009 NIP. 19680911 199512 2005
HALAMAN MOTTO
"Senyum adalah
sedekah terindah"
"Sentuh masa
depan dengan belajar"
"Kebaikan akan
menghapus keburukan"
"Kesabaran
adalah sumber kekuatan"
"Berusaha dan
berdo'a adalah kunci kesuksesan"
KATA PENGANTAR
Puji
Syukur penulis panjatkan ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa karena rahmatNya
penulis dapat menyelesaikan karya tulis yang berjudul “Pengaruh YouTube terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 20
Malang” dengan baik dan lancar.
Penyusunan
karya tulis ini berisi penjabaran penelitian tentang pengaruh YouTube. Karena
kini semakin maraknya YouTube di kalangan remaja SMP. Kemunculan YouTube juga
berdampak pada pelajar. Baik positif maupun negatif. Karya tulis ini juga
bertujuan sebagai bahan referensi pembaca, bagaimana perkembangan video di
YouTube kini.
Penyusunan
karya tulis ini tentunya tidak luput dari bantuan dan dukungan berbagai pihak.
Oleh karena itu, penulis mengucapkan terimakasih kepada Ibu Dra. Tutut Sri
Wahyuni,M.M.Pd selaku Kepala SMP Negeri 20 Malang, atas pengesahan karya tulis
ini. Selanjutnya ucapan terima kasih kepada Ibu Dra. Rubiati, M.Pd selaku
pembimbing mata pelajaran Bahasan Indonesia. Terima kasih atas bimbingannya
menyusun karya tulis ini. Kemudian ucapan terima kasih diucapkan kepada Pak
Edi, selaku guru TIK SMP Negeri 20 Malang yang telah bersedia kami wawancarai
untuk menyelesaikan tugas ini. Selanjutnya ucapan terimakasih kepada Orang tua
penulis, yang telah bersedia memberi dukungan serta materi. Kemudian ucapan
terima kasih kepada Aldiansyah, selaku siswi kelas 9E SMP Negeri 20 Malang yang
telah bersedia penulis wawancarai untuk
melengkapi data tugas ini. Tak lupa, penulis juga mengucapkan terima kasih
kepada teman-teman penulis yang telah membantu dalam penyusunan karya tulis
ini. Dan juga pihak-pihak lainnya yang tidak dapat penulis sebutkan satu
persatu.
Penulis
menyadari bahwa penyusunan karya tulis ini masih jauh dari sempurna. Kritik dan
saran yang bersifat membangun sangat
penulis harapkan dari para pembaca.
Semoga karya tulis ini bermanfaat bagi para
pembaca.
Malang, 5 Januari 2015
Penulis
DAFTAR ISI
HALAMAN
JUDUL……………………………………….……………………..
LEMBAR
PENGESAHAN….........……………………….…………………….
HALAMAN
MOTTO………...………………………….……………………...
KATA
PENGANTAR...…….......……………………….………………………
DAFTAR
ISI………...............……………………….….……………………….
BAB
I PENDAHULUAN……...….....…….……………………………….……
1.1.Latar Belakang………………………………………………………………...
1.2.Ruang Lingkup Penelitian……………………………………………………..
1.3.Pembatasan Masalah…………………………………………………………..
1.4.Rumusan Masalah……………………………………………………………..
1.5.Tujuan Penelitian…………………………….………………………………...
1.6.Manfaat Penelitian…………………………………………………………….
1.7.Anggapan Dasar dan Hipotesis………………………………………………..
1.8.Sumber Data dan
Metode………………………………….…………………
BAB
II ANALISIS DAN PEMBAHASAN…………...…………………………
2.1. Pengertian dari YouTube………………………………………………….
2.2. Mengetahui Sejarah YouTube………………………………………
2.3. Cara Meng Upload Video Ke YouTube……………………………..
2.4. Kegunaan Dari YouTube…………….....................................................
2.5. Mengetahui Dampak Positif Dan Negatif
Dari YouTube…………………….
2.6. Cara Menanggulangi Efek Negatif Dari
Youtube …………………………...
2.7 Mengetahui
kenapa orang menyukai YouTube ………………….......
2.8 Cara
mendaftaar akun YouTube........................................................
2.9 Pembahasan hasil
angket…………………………………………………….
BAB
III PENUTUP..………………………………………..……………………
3.1. Simpulan…………………………………….……………………………….
3.2. Saran…………………………………………………………………………
DAFTAR
RUJUKAN…...…………….…………………………………………
LAMPIRAN…..…………………………………………………….……………
DAFTAR
PERTANYAAN WAWANCARA…………………………………...
DAFTAR
PERTANYAAN ANGKET………………………………………….
DIAGRAM
HASIL ANGKET………………………………………………….
FOTO
PENDUKUNG………………………………………………………
BAB I
PENDAHULUAN
Dalam
bab pendahuluan ini penulis akan menguraikan tentang (1) latar belakang (2) ruang lingkup penelitian (3) pembatasan masalah (4) rumusan masalah (5) tujuan penelitian (6) manfaat penelitian(7) anggapan dasar dan hipotesis (8) sumber data dan metode
1.1
Latar Belakang
Di zaman modern seperti sekarang perkembangan
teknologi sangat berpengaruh terhadap kehidupan. Munculnya media sosial timbul
karena teknologi yang begitu canggih. Media sosial adalah media online yang
meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual, yang sangat
berguna dan bermanfaat pada era modern seperti saat ini. Dengan medi
a sosial kita dapat mencari informasi yang
sangat bermanfaat bagi mahasiswa, seperti mencari berita terbaru yang masih
hangat diperbincangkan. Media sosial itu sendiri menawarkan multimedia yaitu
hasil karya seseorang yang berupa gambar, video maupun desain yang disebar
luaskan ke pengguna lainnya dan salah satu contohnya adalah YouTube.
YouTube adalah salah satu penyedia layanan
video terbesar saat ini dan YouTube juga merupakan media untuk upload secara
gratis. Para pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi
klip video secara gratis. YouTube juga sangat cocok bagi kita yang
ingin mencari informasi tanpa harus membaca artikel. Pada umumnya video-video
di YouTube adalah video klip, acara TV, film serta video buatan para
penggunanya sendiri. Manfaat lain dari penggunaan YouTube adalah bahwa isinya
dapat disiarkan ke jutaan pemirsa. YouTube tersedia di hampir setiap negara di
dunia dan di setiap komputer yang memiliki akses internet, serta dikunjungi
setiap hari oleh jutaan orang.
1.2 Ruang Lingkup Masalah
YouTube adalah sebuah situs
web berbagi
video yang dibuat
oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini
memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Perusahaan
ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten
video buatan pengguna, termasuk klip film, klip TV, dan video
musik. Selain itu ada
pula konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video
pendidikan.
Kebanyakan
konten di YouTube diunggah oleh individu, meskipun perusahaan-perusahaan media
seperti CBS, BBC, Vevo, Hulu, dan organisasi lain sudah mengunggah
material mereka ke situs ini sebagai bagian dari program kemitraan
YouTube. Pengguna tak terdaftar dapat menonton video, sementara pengguna
terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah tak terbatas. Video-video yang
dianggap berisi konten ofensif hanya bisa ditonton oleh pengguna terdaftar
berusia 18 tahun atau lebih. Pada November 2006, YouTube, LLC dibeli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar dan resmi
beroperasi sebagai anak perusahaan Google.
1.3 Pembatasan Masalah
Berdasarkan ruang lingkup diatas, maka
penulis membatasi penelitian ini. Antara lain sebagai berikut:
1.3.1
Mengetahui Pengertian Dari YouTube
1.3.2
Mengetahui Sejarah YouTube
1.3.3
Mengetahui Cara Mengupload Video ke
YouTube
1.3.4
Mengetahui Kegunaan Dari YouTube
1.3.5
Mengetahui Dampak Positif Dan Negatif Video Di Dalam YouTube
1.3.6
Mengetahui Cara Menanggulangi Efek Negatif dari Video Di YouTube
1.3.7
Mengetahui Apa Saja Alasan Orang Suka Membuka YouTube
1.3.8
Mengetahui cara mendaftar meminta akun YouTube
1.3.9
Pembahasan hasil angket tentang “Pengaruh YouTube terhadap Prestasi Belajar
Siswa SMP Negeri 20 Malang”.
1.4 Rumusan Masalah
Berdasarkan
pembatasan masalah di atas dapat
dirumuskan permasalahan penelitian
sebagai berikut:
1.4.1
Apakah Pengertian YouTube
1.4.2
Bagaimana Sejarah YouTube
1.4.3
Bagaimana Cara Mengupload Video ke
YouTube
1.4.4
Apakah Kegunaan Dari YouTube
1.4.5
Apa Dampak Positif Dan Negatif Video Di
Dalam YouTube
1.4.6
Bagaimana Cara Menanggulangi Efek
Negatif dari Video Di YouTube
1.4.7
Apa Saja Alasan Orang Suka Membuka
YouTube
1.4.8
Bagaaimana Cara mendaftaar akun YouTube
1.4.9
Bagaimana Hasil Angket Tentang “Pengaruh
YouTube Terhadap Prestasi Belajar Siswa SMPN 20 MALANG”.
1.5 Tujuan Penelitian
Adapun tujuan masalah dari karya tulis ilmiah
ini dibagi menjadi dua yaitu tujuan umum dan tujuan khusus, yang penjabarannya
sebagai berikut:
1.5.1 Tujuan Umum
Berdasarkan rumusan masalah di atas tujuan
penulis dalam penulisan karya tulis ini yaitu untuk mendeskripsikan pengaruh
penggunaan YouTube terhadap prestasi belajar siawa SMP Negeri 20 Malang.
1.5.2 Tujuan Khusus
Adapun tujuan khusus dari penulisan karya
tulis ilmiah ini meliputi:
1.5.2.1 Mendiskripsikan
Pengertian YouTube
1.5.2.2
Mendiskripsikan
Sejarah YouTube
1.5.2.3
Mendiskripsikan
Cara Mengupload Video ke YouTube
1.5.2.4
Mendiskripsikan
Kegunaan Dari YouTube
1.5.2.5 Mendiskripsikan
Dampak Positif Dan Negatif Video Di Dalam YouTube
1.5.2.6
Mendiskripsikan Cara Menanggulangi Efek
Negatif dari Video Di
You
Tube
1.5.2.7
Mendiskripsikan Apa Saja Alasan Orang
Suka Membuka YouTube
1.5.2.8
Mendiskripsikan Cara mendaftaar akun
YouTube
1.5.2.9
Mendiskripsikan Hasil Angket Tentang
“Pengaruh YouTube Terhadap Prestasi
Belajar Siswa SMP N 20 MALANG”.
1.6 Manfaat Penelitian
Beberapa manfaat yang dapat diberikan oleh
karya tulis ini sebagai berikut.
1.6.1 Bagi guru :
1.
Penelitian ini sangat berguna terutama sebagai bahan untuk perkembangan untuk memotivasi siswa
2. Menambah wawasan mengenai bagaimana dampak
penggunaan YouTube terhadap prestasi belajar siswa SMP Negeri 20 Malang.
1.6.2 Bagi
orang tua :
1. Dapat mengetahui pengaruh YouTube terhadap remaja masa
kini.
2. Lebih intensif lagi dalam mengawasi
penggunaan YouTube terhadap remaja masa
kini.
1.6.3 Bagi siswa :
1. Dapat mengetahui dampak positif dari penggunaan YouTube
terhadap prestasi belajar siswa.
2. Dapat
mengetahui dampak negatif dari penggunaan YouTube terhadap prestasi belajar siswa.
3. Dapat mengetahui batasan-batasan dalam pengguaan YouTube
1.7
Anggapan Dasar dan Hipotesis
1.7.1 Anggapan Dasar
setiap harinya,
selalu ada orang yang mengakses internet, baik melalui komputer, ponsel pintar,
laptop ataupun komputer tablet. Lalu, apa saja yang dilakukan mereka di dunia
maya?
Berikut ini adalah kenyataan yang didapat dari aktivitas pengguna internet dalam satu hari
Berikut ini adalah kenyataan yang didapat dari aktivitas pengguna internet dalam satu hari
1. Dalam satu hari, semua data yang ada di
internet dapat diinput ke dalam DVD hingga 168 Keping
2. Sebanyak
294 miliar email terkirim.
3. Ada
172 juta orang yang berbeda-beda mengunjungi Facebook, 40 juta orang mengunjungi Twitter,22 juta orang mengunjungi
Linkedin, 20 juta orang mengunjungi Google+, berjuta- juta orang mengunjungi
YouTube, dan 17 orang mengunjungi Pinterest.
4. 532
juta ber komen
5.
864 ribu jam video yang diunggah ke
Youtube.
6.
Waktu pengguna internet rata-rata untuk menonton video porno sekitar 14,6
menit.
Penyalahgunaan
YouTube juga dilakukan dalam hal lain. Beberapa siswa SMP Negeri 20 Malang
menyimpan video atau gambar porno yang diperoleh dari YouTube
1.7.2 Hipotesis
Berdasarkan anggapan dasar di atas maka hipotesis
dalam penelitian ini adalah terdapat berpengaruh perilaku siswa SMP Negeri 20
Malang akibat menggunakan YouTube
1.8
Sumber Data dan Metode
Dalam penulisan karya tulis ini penulis juga
mengumpulkan data-data dengan sumber data dan metode sebagai berikut.
1.8.1 Sumber Data
Situs yang saya kunjungi sebagai berikut :
8 Januari 2015 pkl 20.49
8 Januari 2015 pkl 20.54
8 Januari 2015 pkl 21.01
8 Januari 2015 pkl 21.24
8 Januari 2015 pkl 22.22
8 Januari 2015 pkl 23.13
9 Januari 2015 pkl 18.23
8. http://www.kurogaze.net/2014/01/alasan-orang-jepang-tidak-suka-fb.html
9 Januari 2015 pkl 18. 27
9. http://fikarexact.blogspot.com/2013/01/12-fakta-menarik-tentang-internet-di.html
9 Januari 2015 pkl 18.47
1.8.2 Metode
1. Wawancara
Wawancara ini penulis tujukan kepada guru TIK,
wali murid, dan siswa SMP Negeri 20 Malang.
Untuk wawancara peneliti akan mewawancarai :
1)
Pak Edi
2)
Aldiansyah
2.
Angket
Penyebaran angket tentang “Pengaruh YouTube
terhadap Prestasi Belajar Siswa-Siswi SMP Negeri 20 Malang” kepada 100 siswa
kelas 7, 8, dan 9 SMP Negeri 20 Malang. Pada hari Senin 26 Januari 2015
3.
Observasi
Penulis juga melakukan observasi terhadap
siswa-siswi SMP Negeri 20 Malang dengan penggunaan YouTube dalam lingkungan
sekolah. Hasil observasi bisa dalam bentuk foto yang akan di lampirkan pada
lembar lampiran. Pada hari
Senin 26 Januari 2015
BAB II
ANALISIS DAN PEMBAHASAN
Dalam
bab analisis dan pembahasan ini penulis akan menjabarkan analisis dan
pembahasan yang meliputi (1)
Pengertian dari YouTube (2)
Mengetahui Sejarah YouTube (3) Cara
Meng Upload Video Ke YouTube (4)
Kegunaan Dari YouTube (5) Mengetahui
Dampak Positif Dan Negatif Dari YouTube (6)
Cara Menanggulangi Efek Negatif Dari Youtube (7) Mengetahui kenapa orang
menyukai YouTube (8) cara mendaftar
meminta akun YouTube (9) Pembahasan
hasil angket tentang “Pengaruh YouTube terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP
Negeri 20 Malang”
2.1 Pengertian dari YouTube
YouTube adalah sebuah situs web berbagi
video yang dibuat
oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini
memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Perusahaan
ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten
video buatan pengguna, termasuk klip film, klip TV, dan video
musik. Selain itu ada
pula konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video
pendidikan.
Kebanyakan
konten di YouTube diunggah oleh individu, meskipun perusahaan-perusahaan media
seperti CBS, BBC, Vevo, Hulu, dan organisasi lain sudah mengunggah
material mereka ke situs ini sebagai bagian dari program kemitraan
YouTube. Pengguna tak terdaftar dapat menonton video, sementara pengguna
terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah tak terbatas. Video-video yang
dianggap berisi konten ofensif hanya bisa ditonton oleh pengguna terdaftar
berusia 18 tahun atau lebih. Pada November 2006, YouTube, LLC dibeli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar dan resmi
beroperasi sebagai anak perusahaan Google.
2.2. Mengetahui Sejarah YouTube
YouTube
didirikan oleh Chad Hurley, Steve Chen, dan Jawed Karim, yang sebelumnya merupakan karyawan pertama PayPal. Hurley belajar desain di Indiana
University of Pennsylvania,
sementara Chen dan Karim belajar ilmu
komputer di University
of Illinois at Urbana-Champaign.
Menurut
cerita yang berulang-ulang diterbitkan di media, Hurley dan Chen mengembangkan
ide YouTube pada bulan-bulan pertama tahun 2005 setelah mengalami kesulitan
saat berbagi video pesta makan malam di apartemen Chen di San Francisco. Karim
tidak datang ke pesta dan menolak pesta tersebut pernah terjadi, sementara Chen
berkomentar bahwa ide YouTube tercetuskan setelah pesta makan "tampaknya
diperkuat oleh metode pemasaran yang terpusat pada menciptakan cerita yang
mudah dicerna konsumen".
YouTube
berawal sebagai sebuah perusahaan teknologi rintisan yang didanai oleh
investasi senilai $11,5 juta dari Sequoia
Capital antara
November 2005 dan April 2006. Kantor pertama YouTube terletak di atas sebuah
pizzeria dan restoran Jepang di San Mateo, California. Nama
domain www.youtube .com
aktif pada 14 Februari 2005 dan situs ini dikembangkan pada bulan-bulan
berikutnya.
Video
pertama di YouTube berjudul Me at
the zoo. Video ini
menampilkan pendiri pendamping Jawed Karim di San Diego Zoo. Video ini diunggah pada tanggal 23 April
2005 dan masih ada sampai sekarang di situs ini.
Bekas
logo YouTube,2006-2011,dengan gradasi warna yang berbeda
YouTube menawarkan uji beta pada Mei 2005, enam bulan sebelum
peluncuran resmi pada November 2005. Pertumbuhan situs ini meroket dan pada
bulan Juli 2006, perusahaan ini mengumumkan bahwa lebih dari 65.000 video
diunggah setiap harinya dan situs ini menerima 100 juta kunjungan video per
hari. Menurut data yang dikumpulkan perusahaan riset pasar comScore, YouTube adalah penyedia video daring utama
di Amerika Serikat denganpangsa pasar 43 persen dan lebih dari 14 miliar
video ditonton pada bulan Mei 2010. YouTube mengatakan bahwa sekitar video
berdurasi total 60 jam diunggah setiap menit dan tiga perempat materialnya
berasal dari luar A.S. Situs ini menerima delapan ratus juta kunjungan
unik setiap bulannya. Diperkirakan bahwa pada tahun 2007 YouTube
mengonsumsi pita lebar yang sama besarnya seperti seisi Internet tahun 2000. Alexa menempatkan YouTube sebagai situs
ketiga yang paling banyak dikunjungi di Internet, setelah Google dan Facebook.
Pemilihan
nama www.youtube.com memunculkan masalah dengan situs bernama
serupa,www,utube.com. Pemilik situs tersebut, Universal
Tube & Rollform Equipment, mengajukan tuntutan hukum terhadap YouTube pada bulan November 2006
setelah situsnya dibanjiri pengunjung yang ingin mencari YouTube. Universal
Tube sejak itu mengubah nama situsnya menjadi www.utubeonline.com Pada bulan
Oktober 2006, Google
Inc. mengumumkan bahwa mereka telah membeli
YouTube dengan nilai $1,65 miliar dalam bentuk saham. Persetujuan ini dirampungkan pada 13
November 2006. Google tidak memberikan informasi rinci mengenai biaya
operasi YouTube dan pendapatan YouTube tahun 2007 ditulis "tidak material" dalam pengisian formulir
wajib. Bulan Juni 2008, sebuah artikel di majalah Forbes memperkirakan pendapatan YouTube tahun
2008 mencapai $200 juta setelah mengamati kemajuan penjualan
iklannya. Pengunjung YouTube rata-rata menghabiskan 15 menit sehari untuk
menonton video di sana, berbeda dengan 4-5 jam sehari yang dihabiskan warga
Amerika Serikat biasa untuk menonton televisi.
YouTube
menjajaki kerja sama pemasaran dan periklanan dengan NBC pada bulan Juni 2006. Bulan
November 2008, YouTube membuat persetujuan dengan MGM, Lions Gate Entertainment, dan CBS, yang mengizinkan mereka mengunggah film dan
episode televisi berdurasi penuh ke situs ini, disertai kotak iklan khusus
penonton AS yang diberi nama "Shows". Tindakan ini bertujuan
menciptakan persaingan dengan situs web seperti Hulu, yang menyimpan material tayangan dari NBC, Fox, dan Disney. Bulan November 2009, YouTube
meluncurkan "Shows" untuk penonton Britania Raya dan menawarkan
sekitar 4.000 acara berdurasi penuh dari 60 mitranya. Pada Januari 2010,
YouTube memperkenalkan layanan sewa film daring, yang saat ini hanya
tersedia untuk pengguna di kawasan Amerika Serikat, Kanada, dan Britania
Raya. Layanan ini menawarkan lebih dari 6.000 film.
kantor
pusat YouTube saat ini Sanbruno, California
Pada bulan Maret 2010, YouTube mulai
menyiarkan konten tertentu secara gratis, termasuk 60 pertandingan kriket Indian Premier
League. Menurut YouTube,
ini merupakan siaran acara olahraga besar via Internet pertama di dunia yang
bersifat gratis.
Pada
tanggal 31 Maret 2010, YouTube meluncurkan desain situs baru dengan tujuan
menyederhanakan antarmuka dan meningkatkan waktu yang dihabiskan pengguna di
situs ini. Manajer Produk Google Shiva Rajaraman berkomentar: "Kami merasa
perlu mundur sedikit dan membereskan segalanya." Pada bulan Mei 2010,
YouTube dilaporkan melayani lebih dari dua miliar video per hari, jumlah yang
dianggap "nyaris dua kali lipat penonton primetime di ketiga jaringan
televisi terbesar Amerika Serikat". Pada Mei 2011, YouTube melaporkan
di blog perusahaannya bahwa situs ini menerima lebih dari tiga miliar kunjungan
per hari. Bulan Januari 2012, YouTube menyatakan bahwa jumlah tersebut naik
menjadi empat miliar per hari.
Bulan
Oktober 2010, Hurley menyatakan akan mengundurkan diri dari jabatan CEO YouTube
dan menjadi penasihat perusahaan. Salar Kamangar akan mengambil alih kendali perusahaan
ini.
Pada
bulan April 2011, James Zern, seorang teknisi perangkat lunak YouTube,
mengungkapkan bahwa 30 persen video di YouTube mewakili 99 persen kunjungan ke
situs ini.
Pada
November 2011, jejaring sosial Google+ terintegrasi langsung dengan YouTube
dan penjelajah web Chrome, sehingga video-video YouTube bisa ditonton
di Google+. Bulan Desember 2011, YouTube meluncurkan antarmuka baru. Kanal
video ditampilkan di kolom tengah halaman utama, sama seperti umpan berita
situs-situs jejaring sosial. Pada saat yang sama, versi baru logo
YouTube dipasang dengan bayangan merah yang lebih gelap. Inilah perubahan
desain pertama mereka sejak Oktober 2006.
2.3. Cara Meng Upload Video Ke YouTube
Cara upload video ke Youtube :
1. Login ke akun Youtube, jika belum
register dulu yah.
2. Kemudian klik Upload seperti pada
gambar berikut ini:
3.
Kemudian pilih Upload Multiple Files dan lalu klik Select Files From Your
Computer karena kita akan mengambil file video di komputer. Seperti gambar
berikut.
4.
Setelah itu ambil atau pilih video di komputer kamu, sebagai contoh saya pilih
video Zidane Goal di folder Downloads komputer saya. Seperti pada gambar.
5.
Youtube akan langsung meng-upload video kamu pilih tadi. Dan sembari menunggu
proses upload, kamu bisa melakukan sesuatu seperti memberi judul video kamu,
memberi keterangan tambahan, juga tag yang menggambarkan video kamu ini.
Seperti pada gambar berikut ini.
Selesai.
Maka video Youtube kamu akan langsung tayang setelah proses upload selesai, dan
Youtube akan langsung memberi URL video kamu upload ini. Dan kamu bisa langsung
kunjungi video tersebut, untuk melihat hasilnya.
2.4. Kegunaan Dari YouTube
YouTube
adalah sebuah situs web video sharing (berbagi video) populer dimana para
pengguna dapat memuat, menonton, dan berbagi klip video secara gratis. Umumnya
video-video di YouTube adalah klip musik (video klip), film, TV, serta video
buatan para penggunanya sendiri. Format yang digunakan video-video di YouTube
adalah .flv yang dapat diputar di penjelajah web yang memiliki plugin Flash
Player. Menurut perusahaan penelitian Internet Hitwise
2.5. Mengetahui Dampak Positif Dan Negatif Dari YouTube
Dampak
positif dari youtube yang selama ini bisa dilihat adalah bagi
perusahaan-perusahaan rekaman yang ingin melakukan promosi bagi artis-artisnya.
Juga bagi perusahaan-perusahaan periklanan yang ingin mempromosikan suatu
produk. Ada pula orang-orang yang dengan sengaja meng-upload video-video
dokumenter baik sejarah perjuangan bangsa kita maupun dokumenter mengenai
kisah-kisah menyentuh tentang kehidupan dari pedalaman Indonesia. Ada pula
video-video ilmu pengetahuan tentang kehidupan baik dari dasar laut hingga luar
angkasa. Semua ada di youtube. Hanya tinggal memasukkan kata kunci yang dicari,
semua video yang memperluas wawasan bisa dilihat dan di-download kapan saja.
Dampak
negatif salah satu contoh adalah dengan adanya Youtube para pembisnis
banyak yang meng-upload video segala jenis produk atau jasanya, dengan begitu
persaingan bisnis yang semangkin ketat di era globalisasi saat ini menuntut
perusahaan untuk menyusun kembali strategi dan taktik bisnisnya yang kemudian
jika dilihat lebih dalam, ternyata esensi dari persaingan terletak pada
bagaimana sebuah perusahan dapat mengimplementasikan proses penciptaan produk
atau jasanya secara lebih murah, lebih baik, dan lebih cepat dibandingkan
dengan pesaing bisnisnya atau menciptakan produk yang berbeda atau unik yang
tidak dapat diproduksi oleh pesaing.
Dengan
perkembangan teknologi yang semakin teknologi yang semakin pesan semakin mudah
pula seseorang bisa mengakses berbagai macam video, gambar, ebook, atau
pun artikel. Akibatnya banyak yang menggunakan media internet sebagai tempat
pelarian untuk mencari hal-hal baru, contohnya seperti di YouTube semua orang
bisa mengakses berbagai macam video yang telah diunggah oleh orang banyak
pemanfaatan YouTube ini dapat berdampak positif bagi penggunanya bila digunakan
untuk mencari berbagai macam tutorial atau pun mengunggah video yang kita
punya. Bila YouTube hanya digunakan untuk mencari video yang tidak etis,
maka hal tersebut dapat berdampak negatif bagi penggunanya.
Dampak Positif
· Dapat
mencari video tutorial.
· Bisa
menjadi artis instant.
· Bisa
berbagai keceriaan dengan berbagi-pakai video yang kita miliki.
· Dapat
mencari video unik dan lucu.
· Membuat
orang kreatif dengan membuat video yang menarik.
Dampak Negatif
· Dapat
dipakai untuk mencari video porno.
· Video-video
kekerasan.
· Video
yang dapat merubah reputasi seseorang.
· Mudah
terpengaruh oleh hal yang tidak sesuai dengan kebiasaan atau kebudayaan suatu
negara
· Berkonotasi
negative terhadap nama seseorang.
DAMPAK POSITIF YOUTUBE SECARA POLITISI
1. Memperoleh
informasi politisi
2. Menyiarkan
suatu peristiwa perkembangan politis
3. Kampanye
partai politik (seperti obama yang mengupload video tentang pidatonya)
4. Siaran
ulang kejadian perisitiwa politisi
DAMPAK NEGATIF YOUTUBE SECARA POLITISI
Setelah
adanya video youtube pemerintahan setiap Negara di dunia yang berdaulat dalam
mengatur dirinya sendiri semakin berkurang. Hal ini, dikarenakan adanya aturan-aturan
baru yang telah disepakati bersama dengan lembaga-lembaga global misalnya PBB
dan WTO.Campur tangan masyarakat internasional dan masuknya nilai-nilai budaya
yang baru dari dunia luar seperti YouTube yang memberi perubahan bidang
politik dalam suatu Negara. Semakin meningkatnya nilai-nilai politik individu,
kelompok, oposisi, diktator mayoritas atau tirani minoritas Timbulnya fanatisme
rasial, etnis dan agama dalam forum dan organisasi. Dengan masuknya
nilai-nilai politik barat baik secara langsung atau tidak langsung memberikan
inspirasi timbulnya unjuk rasa, demonstrasi yang semakin berani dan terkadang
mengabaikan kepentingan umum. Ini memungkinkan dapat berkembangnya paham
liberalisme, terjadinya perubahan sistem ketatanegaraan, adanya Konspirasi
internasional, artinya pertentangan kekuasaan dan percaturan politik
internasional selalu mengarah kepada persekongkolan.
2.6. Cara Menanggulangi Efek Negatif Dari Youtube
Berikut
cara untuk mengontrol aktivitas internet anak Anda tanpa membatasi dirinya:
1. Luangkan
waktu dengan anak saat belajar komputer dan internet
Meluangkan
waktu lebih banyak bersama anak bisa dengan belajar bersama lebih dalam tentang
komputer dan internet. Baik orangtua maupun anak harus tahu dan bisa
mengoperasikan situs jejaring sosial, forum diskusi, keamanan transaksi
belanja, cara chatting, cara mengetahui situs baik dan situs buruk, mencari dan
memutar video di YouTube, dan cara mencari gambar dan video via Google.
2. Berikan
pemahaman mengenai manfaat dan bahaya internet
Setelah mempelajari caranya, tambahkan pemahaman pada anak tentang manfaat dan bahaya internet. Orangtua harus memiliki pengetahuan lebih luas, dan mendiskusikannya dengan anak. Beritahu juga soal karakteristik predator online, dan berbagai kasus terungkapnya predator online di berbagai negara.
Setelah mempelajari caranya, tambahkan pemahaman pada anak tentang manfaat dan bahaya internet. Orangtua harus memiliki pengetahuan lebih luas, dan mendiskusikannya dengan anak. Beritahu juga soal karakteristik predator online, dan berbagai kasus terungkapnya predator online di berbagai negara.
3. Ingatkan anak tentang konsep “orang asing”Ingatkan
pada anak agar tidak percaya begitu saja pada orang yang baru dikenalnya.
Tekankan kepada anak agar tidak memberikan informasi pribadi, seperti email dan
nomor telepon.
4. Kenalkan etiket bergaul dengan teman
“online”
Memperluas pergaulan sah saja, apalagi anak-anak kini sudah semakin terbuka dengan teknologi internet. Namun perlu diajarkan kepada anak agar memperhatikan batasan pergaulannya. Jangan izinkan anak-anak bertemu langsung dengan teman baru yang dikenal lewat chatting.
Memperluas pergaulan sah saja, apalagi anak-anak kini sudah semakin terbuka dengan teknologi internet. Namun perlu diajarkan kepada anak agar memperhatikan batasan pergaulannya. Jangan izinkan anak-anak bertemu langsung dengan teman baru yang dikenal lewat chatting.
5. Hindari
anak mengakses internet di kamar pribadi
Meski fasilitas di rumah lengkap, komputer dan ponsel sudah terkoneksi dengan internet, pastikan ada batasan. Jangan biarkan anak-anak mengakses internet di kamar pribadinya. Letakkan komputer di ruang keluarga atau di ruangan orangtua agar mudah dilihat dan dikontrol.
Meski fasilitas di rumah lengkap, komputer dan ponsel sudah terkoneksi dengan internet, pastikan ada batasan. Jangan biarkan anak-anak mengakses internet di kamar pribadinya. Letakkan komputer di ruang keluarga atau di ruangan orangtua agar mudah dilihat dan dikontrol.
6. Kenalkan
aktivitas kreatif lainnya dengan internet
Arahkan anak untuk melakukan aktivitas kreatif dan positif dengan media internet. Kenalkan juga tentang banyaknya kesempatan berprestasi atau mendapatkan hadiah dari kegiatan kreatif di internet, misalkan kompetisi menulis. Untuk itu kenalkan lebih dahulu kegiatan menulis di internet, misalnya dengan mengisi blog pribadi.
Arahkan anak untuk melakukan aktivitas kreatif dan positif dengan media internet. Kenalkan juga tentang banyaknya kesempatan berprestasi atau mendapatkan hadiah dari kegiatan kreatif di internet, misalkan kompetisi menulis. Untuk itu kenalkan lebih dahulu kegiatan menulis di internet, misalnya dengan mengisi blog pribadi.
Pada dasarnya, bila digunakan dengan baik, teknologi Internet tentu berdampak positif.
Seseorang dapat dengan mudah mencari informasi yang ingin diketahui. Dengan
hanya mengetikkan kata pada mesin pencari (search engine), ada banyak
situs web yang dirujuk tentang informasi tersebut. Adanya e-mail memungkinkan
seseorang dapat mengirim sebuah surat untuk orang lain dengan cepat dan mudah.
Ruang obrol (chatting room) memungkinkan seseorang untuk
berkomunikasi dengan banyak orang yang saling berjauhan sekaligus. Atau yang
sedang marak, hadirnya situs web jejaring sosial seperti Facebook atau Friendsteryang memungkinkan
seseorang untuk menemukan teman lama yang sudah lama tidak dijumpai. Karena
itu, peran dari orangtua untuk terus mengarahkan anak-anak agar cerdas dan
berhati-hati menggunakan teknologi sangatlah penting. Jadi, jangan sampai
orangtua tidak peduli perkemangan anak dengan alasan gaptek alias gagap
teknologi ya. (vln)
2.7 Mengetahui kenapa orang
menyukai YouTube
v Karena video di YouTube lebih lengkap dari
yang lainnya
v Mudah cara mendaftarkan diri
perlu menyediakan
sedikit informasi tentang diri Anda. Informasi ini termasuk nama Anda, negara
yang Anda tinggal di, kode pos Anda, tanggal lahir, serta jenis kelamin Anda.
Anda juga perlu untuk membuat nama pengguna YouTube untuk diri sendiri, serta
password. Sandi dan nama pengguna akan digunakan untuk login ke account Anda.
Sign up untuk account YouTube harus mengambil hanya beberapa menit dari waktu
Anda
v Tidak
harus memakai nama asli, tgl lahir, dll ( bisa menjaga privasi )
Di Jepang orang
lebih suka memakai YouTube dari pada Facebook karena jika facebook harus
mengisi data diri asli seperti tanggaal lahir karena itu bisa menjadi bahan
untuk orang berbuat jahat
2.8 Cara mendaftar akun YouTube
untuk mendaftar untuk meminta akun YouTube
adalah :
1. bahwa relatif mudah untuk dilakukan.
Ketika Anda mendaftar untuk meminta akun YouTube, Anda perlu menyediakan
sedikit informasi tentang diri Anda. Informasi ini termasuk nama Anda, negara
yang Anda tinggal di, kode pos Anda, tanggal lahir, serta jenis kelamin Anda.
Anda juga perlu untuk membuat nama pengguna YouTube untuk diri sendiri, serta
password. Sandi dan nama pengguna akan digunakan untuk login ke account Anda.
Sign up untuk account YouTube harus mengambil hanya beberapa menit dari waktu
Anda, di paling.
2. kemampuan untuk menilai video yang
Anda tonton, dan juga meninggalkan komentar. Seperti disebutkan sebelumnya,
Anda dapat menonton video di YouTube tanpa harus memiliki account YouTube, tapi
Anda tidak dapat menilai video atau meninggalkan komentar untuk pemilik video.
Rating YouTube video YouTube lain pengguna memberikan ide untuk yang video yang
tinggi permintaan, yang, pada gilirannya, dapat menyebabkan lebih banyak video
favorit anda yang ditemukan di situs YouTube. Itu hanyalah salah satu dari
banyak alasan mengapa Anda sebaiknya tidak hanya mendaftar untuk akun YouTube
gratis, tetapi juga menilai YouTube yang Anda menonton atau meninggalkan
komentar.
3. Selain mampu untuk menilai atau
melihat video, mendaftar untuk meminta akun YouTube juga memberikan anda
pilihan untuk berbagi video Anda dengan pengguna internet lain. YouTube
terdaftar non-anggota dapat meng-upload dan berbagi video apapun bahwa mereka
mungkin telah dibuat. Jika Anda belum pernah berbagi video secara online, Anda
mungkin ingin untuk berpikir tentang melakukan hal itu, karena mereka
menyenangkan untuk membuat. Banyak video yang ditemukan di YouTube saat ini
adalah drama komedi, video blog, dan jujur video. Semua benar-benar harus Anda
miliki adalah alat perekam video, seperti telepon seluler, webcam, atau
camcorder, dan program perangkat lunak editing film, yang sekarang sudah
standar pada kebanyakan komputer.
4. Sebagaimana dinyatakan sebelumnya, menciptakan
account dengan YouTube keanggotaan adalah gratis dan hanya mengambil beberapa
menit dari waktu Anda. Jika Anda menikmati penggunaan internet sebagai sumber
hiburan, Anda tidak hanya ingin mengunjungi YouTube, tetapi Anda akan juga
ingin mengambil beberapa menit yang diperlukan untuk mendaftar untuk
mendapatkan akun gratis. Pada akhirnya, Anda mungkin akan senang dengan
keputusan Anda untuk melakukannya.
2.9 Hasil Angket tentang
“Pengaruh Handphone terhadap Prestasi Belajar Siswa SMP Negeri 20 Malang”
1 Pada pertanyaan “Apakah
Anda pernah membuka video di YouTube” 100% menjawab “Iya” 0 % Menjawab “Tidak” 0% Menjawab ragu-ragu jadi
dari sample yang diambil seluruhnya mempunyai akun facebook.
2 Pada pertanyaan “Menurut
Anda video Di YouTube berpengaruh negatif
bagi Anda” 23% menjawab “Iya” 13% Menjawab “Tidak” 64% Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil
sebagian besar menjawab facebook mempengaruhi perilaku pengguna facebook
3 Pada pertanyaan “Menurut
Anda apakah video YouTube baik bagi Anda” 50% menjawab “Iya” 35 % Menjawab “Tidak” 15%
Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil sebagian besar menjawab bahwa
pengguna setiap hari menggunakan facebook
4 Pada pertanyaan “Apakah video di YouTube mengganggu prestasi Anda” 80% menjawab “Iya” 15 % Menjawab “Tidak” 5% Menjawab
ragu-ragu jadi dari sample yang diambil sebagian besar menjawab bahwa pengguna
setiap hari menggunakan facebook
5 Pada pertanyaan “Apa
YouTube cocok bagi anak-anak hingga dewasa” 79% menjawab “Iya” 1 % Menjawab “Tidak” 30% Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil sebagian
besar menjawab bahwa pengguna setiap hari menggunakan facebook
6 Pada pertanyaan “Apakah
orang lain mengetahui saat anda membuka YouTube” 50% menjawab “Iya” 35 % Menjawab “Tidak” 15%
Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil sebagian besar menjawab bahwa
pengguna setiap hari menggunakan facebook
7 Pada pertanyaan “Apakah
Anda setiap hari melihat video di YouTube” 35% menjawab “Iya” 57 % Menjawab “Tidak” 8% Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil
sebagian besar menjawab bahwa perilaku pengguna facebook dipengaruhi oleh
facebook
8 Pada pertanyaan “Apakah orang tua Anda
mengetahui saat anda membuka video di YouTube” 71% menjawab “Iya” 26 % Menjawab “Tidak” 3% Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil
sebagian besar menjawab bahwa orang tua pengguna akun facebook
mengetahui bahwa anaknya menggunakan facebook
9 Pada pertanyaan “Apakah selama anda
membuka Youtube berada di bawah pengawasan orang tua” 35% menjawab “Iya” 36 % Menjawab “Tidak” 29% Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil
sebagian besar menjawab bahwa pengguna akun facebook tidak di
bawah pengawasan orang tua
10 Pada pertanyaan “Apakah anda pernah meng
upload Video ke YouTube”
3% menjawab “Iya” 91 % Menjawab “Tidak” 6% Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil
sebagian besar menjawab bahwa pengguna akun facebook berpikir
bahwa game yang berada di facebook bersifat negatif
11 Pada pertanyaan “Apakah Anda pernah
mengkritik video di YouTube”
60% menjawab “Iya” 25 % Menjawab “Tidak” 15% Menjawab ragu-ragu jadi dari
sample yang diambil sebagian besar menjawab bahwa pengguna akun
facebook mengikuti grup yang dapat membawa perilaku positif kepada pengguna
12 Pada pertanyaan “Apakah
YouTube mengganggu waktu pelajaran Anda” 77% menjawab “Iya” 14 % Menjawab “Tidak” 9 % Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil
sebagian besar menjawab bahwa pengguna akun facebook pernah
memulai perdebatan di akun facebook
13 Pada pertanyaan “Apakah
video di YouTube membantu Anda untuk menyelesaikan tugas anda” 67% menjawab “Iya” 28% Menjawab “Tidak” 5 % Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil
sebagian besar menjawab bahwa pengguna akun facebook tidak
terlalu suka berkomunikasi melalui facebook
14 Pada pertanyaan “Menurut Anda video Di
YouTube berpengaruh positif bagi Anda” 11%
menjawab “Iya” 0 % Menjawab “Tidak” 89% Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil
sebagian besar menjawab bahwa pengguna akun facebook lebih
suka berbicara langsung kepada teman dibanding menggunakan facebook
15 Pada pertanyaan “Apakah Anda pernah
mendownload video di YouTube” 96% menjawab “Iya” 5% Menjawab “Tidak” 3% Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil
sebagian besar menjawab bahwa pengguna akun facebook tidak
setuju bahwa facebook cocok bagi segala umur
16
Pada
pertanyaan “Apakah Anda pernah mendownload di YouTube karena
tugas dari guru Anda” 73
% menjawab “Iya” 25 % Menjawab “Tidak” 2 % Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil
sebagian besar menjawab bahwa pengguna akun facebook bisa
membedakan pengaruh positif dan negatif
dalam facebook
17
Pada
pertanyaan “Apakah Anda bisa membedakan dampak positif dengan
dampak negatif dari film di Youtube”91% menjawab “Iya” 0 % Menjawab “Tidak” 9 % Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil
sebagian besar menjawab bahwa pengguna akun facebook tidak
terpengaruh oleh facebook
18
Pada
pertanyaan “Apakah Youtube dapat berpengaruh pola pikir Anda” 69% menjawab “Iya” 30 % Menjawab “Tidak” 1
% Menjawab ragu-ragu jadi
dari sample yang diambil sebagian besar menjawab bahwa pengguna akun
facebook mengalami perbuhan sikap gaya bahasa setelah menggunakan facebook
19
Pada
pertanyaan “Apakah Anda merasa tidak puas jika seharian tidak
membuka video di youtube”
76
% menjawab “Iya” 14 % Menjawab “Tidak” 10% Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil
sebagian besar menjawab bahwa pengguna akun facebook merasakan
secara langsung dampak yang ditimbulkan dari facebook dibidang perubahan
perilaku
20
Pada
pertanyaan “Apakah YouTube merupakan salah satu media untuk Anda
belajar” 93
% menjawab “Iya” 5 %
Menjawab “Tidak” 2% Menjawab ragu-ragu jadi dari sample yang diambil
sebagian besar menjawab bahwa pengguna akun facebook orang yang memilih – milih teman
dalam facebook
BAB III
PENUTUP
Dalam
bab penutup ini penulis mengemukakan (1) simpulan dan (2) saran dari karya
tulis ilmiah ini.
3.1
Simpulan
YouTube adalah sebuah situs web berbagi
video yang dibuat
oleh tiga mantan karyawan PayPal pada Februari 2005. Situs ini
memungkinkan pengguna mengunggah, menonton, dan berbagi video. Perusahaan
ini berkantor pusat di San Bruno, California, dan memakai teknologi Adobe Flash Video dan HTML5 untuk menampilkan berbagai macam konten
video buatan pengguna, termasuk klip film, klip TV, dan video
musik. Selain itu ada
pula konten amatir seperti blog video, video orisinal pendek, dan video
pendidikan.
Pengguna tak terdaftar dapat menonton video,
sementara pengguna terdaftar dapat mengunggah video dalam jumlah tak terbatas.
Video-video yang dianggap berisi konten ofensif hanya bisa ditonton oleh
pengguna terdaftar berusia 18 tahun atau lebih. Pada November 2006, YouTube,
LLC dibeli oleh Google dengan nilai US$1,65 miliar dan resmi
beroperasi sebagai anak perusahaan Google.
YouTube didirikan oleh Chad
Hurley, Steve
Chen, danJawed
Karim, yang sebelumnya
merupakan karyawan pertama PayPal. Hurley belajar desain di Indiana
University of Pennsylvania,
sementara Chen dan Karim belajar ilmu
komputer di University
of Illinois at Urbana-Champaign.
Menurut cerita yang berulang-ulang
diterbitkan di media, Hurley dan Chen mengembangkan ide YouTube pada
bulan-bulan pertama tahun 2005 setelah mengalami kesulitan saat berbagi video
pesta makan malam di apartemen Chen di San Francisco. Karim tidak datang ke
pesta dan menolak pesta tersebut pernah terjadi, sementara Chen berkomentar
bahwa ide YouTube tercetuskan setelah pesta makan "tampaknya diperkuat
oleh metode pemasaran yang terpusat pada menciptakan cerita yang mudah dicerna
konsumen".
YouTube berawal sebagai sebuah perusahaan
teknologi rintisan yang didanai oleh investasi senilai $11,5 juta dari Sequoia
Capital antara
November 2005 dan April 2006. Kantor pertama YouTube terletak di atas
sebuah pizzeria dan restoran Jepang di San Mateo, California. Nama
domain www.youtube .com
aktif pada 14 Februari 2005 dan situs ini dikembangkan pada bulan-bulan
berikutnya.
Video pertama di YouTube berjudul Me
at the zoo. Video ini
menampilkan pendiri pendamping Jawed Karim di San Diego Zoo. Video ini diunggah pada tanggal 23
April 2005 dan masih ada sampai sekarang di situs ini.
Bekas logo YouTube,2006-2011,dengan gradasi
warna yang berbeda
YouTube menawarkan uji beta pada Mei 2005, enam bulan sebelum
peluncuran resmi pada November 2005. Pertumbuhan situs ini meroket dan pada
bulan Juli 2006, perusahaan ini mengumumkan bahwa lebih dari 65.000 video
diunggah setiap harinya dan situs ini menerima 100 juta kunjungan video per
hari. Menurut data yang dikumpulkan perusahaan riset pasar comScore, YouTube adalah penyedia video daring utama
di Amerika Serikat denganpangsa pasar 43 persen dan lebih dari 14 miliar
video ditonton pada bulan Mei 2010. YouTube mengatakan bahwa sekitar video
berdurasi total 60 jam diunggah setiap menit dan tiga perempat materialnya
berasal dari luar A.S. Situs ini menerima delapan ratus juta kunjungan
unik setiap bulannya. Diperkirakan bahwa pada tahun 2007 YouTube
mengonsumsi pita lebar yang sama besarnya seperti seisi Internet tahun 2000. Alexa menempatkan YouTube sebagai situs
ketiga yang paling banyak dikunjungi di Internet, setelah Google dan Facebook.
Pemilihan nama www.youtube.com memunculkan masalah dengan situs bernama
serupa,www,utube.com. Pemilik situs tersebut, Universal
Tube & Rollform Equipment, mengajukan tuntutan hukum terhadap YouTube pada bulan November 2006
setelah situsnya dibanjiri pengunjung yang ingin mencari YouTube. Universal
Tube sejak itu mengubah nama situsnya menjadi www.utubeonline.com Pada bulan
Oktober 2006, Google
Inc. mengumumkan bahwa mereka telah membeli
YouTube dengan nilai $1,65 miliar dalam bentuk saham. Persetujuan ini dirampungkan pada 13
November 2006. Google tidak memberikan informasi rinci mengenai biaya
operasi YouTube dan pendapatan YouTube tahun 2007 ditulis "tidak material" dalam pengisian formulir
wajib. Bulan Juni 2008, sebuah artikel di majalah Forbes memperkirakan pendapatan YouTube tahun
2008 mencapai $200 juta setelah mengamati kemajuan penjualan
iklannya. Pengunjung YouTube rata-rata menghabiskan 15 menit sehari untuk
menonton video di sana, berbeda dengan 4-5 jam sehari yang dihabiskan warga
Amerika Serikat biasa untuk menonton televisi.
YouTube menjajaki kerja sama pemasaran dan
periklanan dengan NBC pada bulan Juni 2006. Bulan
November 2008, YouTube membuat persetujuan dengan MGM, Lions Gate Entertainment, dan CBS, yang mengizinkan mereka mengunggah film dan
episode televisi berdurasi penuh ke situs ini, disertai kotak iklan khusus
penonton AS yang diberi nama "Shows". Tindakan ini bertujuan
menciptakan persaingan dengan situs web seperti Hulu, yang menyimpan material tayangan dari NBC, Fox, dan Disney. Bulan November 2009, YouTube
meluncurkan "Shows" untuk penonton Britania Raya dan menawarkan
sekitar 4.000 acara berdurasi penuh dari 60 mitranya. Pada Januari 2010,
YouTube memperkenalkan layanan sewa film daring, yang saat ini hanya
tersedia untuk pengguna di kawasan Amerika Serikat, Kanada, dan Britania
Raya. Layanan ini menawarkan lebih dari 6.000 film.
Pada bulan Maret 2010, YouTube mulai
menyiarkan konten tertentu secara gratis, termasuk 60 pertandingan kriket Indian Premier League. Menurut YouTube, ini merupakan siaran acara
olahraga besar via Internet pertama di dunia yang bersifat gratis.
Pada tanggal 31 Maret 2010, YouTube
meluncurkan desain situs baru dengan tujuan menyederhanakan antarmuka dan
meningkatkan waktu yang dihabiskan pengguna di situs ini. Manajer Produk Google
Shiva Rajaraman berkomentar: "Kami merasa perlu mundur sedikit dan
membereskan segalanya." Pada bulan Mei 2010, YouTube dilaporkan melayani
lebih dari dua miliar video per hari, jumlah yang dianggap "nyaris dua
kali lipat penonton primetime di ketiga jaringan televisi terbesar Amerika
Serikat". Pada Mei 2011, YouTube melaporkan di blog perusahaannya
bahwa situs ini menerima lebih dari tiga miliar kunjungan per hari. Bulan
Januari 2012, YouTube menyatakan bahwa jumlah tersebut naik menjadi empat
miliar per hari.
Bulan Oktober 2010, Hurley menyatakan akan
mengundurkan diri dari jabatan CEO YouTube dan menjadi penasihat
perusahaan. Salar Kamangar akan mengambil alih kendali perusahaan
ini.
Pada bulan April 2011, James Zern, seorang
teknisi perangkat lunak YouTube, mengungkapkan bahwa 30 persen video di YouTube
mewakili 99 persen kunjungan ke situs ini.
Pada November 2011, jejaring sosial Google+ terintegrasi langsung dengan YouTube
dan penjelajah web Chrome, sehingga video-video YouTube bisa ditonton
di Google+. Bulan Desember 2011, YouTube meluncurkan antarmuka baru. Kanal
video ditampilkan di kolom tengah halaman utama, sama seperti umpan berita
situs-situs jejaring sosial. Pada saat yang sama, versi baru logo
YouTube dipasang dengan bayangan merah yang lebih gelap. Inilah perubahan
desain pertama mereka sejak Oktober 2006.
Cara upload video ke Youtube :
1. Login ke akun Youtube, jika belum
register dulu
2. Kemudian klik Upload seperti pada
gambar berikut ini:
3.
Kemudian pilih Upload Multiple Files dan lalu klik Select Files dari komputer
kamu
4.
Setelah itu ambil atau pilih video di komputer kamu
5.
Youtube akan langsung meng-upload video kamu pilih tadi. Dan sembari menunggu proses upload, kamu bisa melakukan
sesuatu seperti memberi judul video kamu, memberi keterangan tambahan, juga tag
yang menggambarkan video kamu ini. Seperti pada gambar berikut ini.
Selesai. Maka video Youtube kamu akan
langsung tayang setelah proses upload selesai, dan Youtube akan langsung
memberi URL video kamu upload ini. Dan kamu bisa langsung kunjungi video tersebut,
untuk melihat hasilnya.
YouTube adalah sebuah situs web video sharing
(berbagi video) populer dimana para pengguna dapat memuat, menonton, dan
berbagi klip video secara gratis. Umumnya video-video di YouTube adalah klip
musik (video klip), film, TV, serta video buatan para penggunanya sendiri.
Format yang digunakan video-video di YouTube adalah .flv yang dapat diputar di
penjelajah web yang memiliki plugin Flash Player. Menurut perusahaan penelitian
Internet Hitwise
Berikut cara untuk mengontrol aktivitas
internet anak Anda tanpa membatasi dirinya:
1. Luangkan waktu dengan anak saat belajar
komputer dan internet
2. Berikan pemahaman mengenai manfaat dan
bahaya internet
3. Ingatkan anak tentang konsep “orang asing”
4. Kenalkan etiket bergaul dengan teman “online”
5. Hindari anak mengakses internet di kamar
pribadi
6. Kenalkan aktivitas kreatif lainnya dengan
internet
Pada
dasarnya, bila digunakan dengan baik, teknologi Internet tentu berdampak positif.
Seseorang dapat dengan mudah mencari informasi yang ingin diketahui. Dengan
hanya mengetikkan kata pada mesin pencari (search engine), ada banyak
situs web yang dirujuk tentang informasi tersebut. Adanya e-mail memungkinkan
seseorang dapat mengirim sebuah surat untuk orang lain dengan cepat dan mudah.
Ruang obrol (chatting room) memungkinkan seseorang untuk
berkomunikasi dengan banyak orang yang saling berjauhan sekaligus. Atau yang
sedang marak, hadirnya situs web jejaring sosial seperti Facebook atau Friendsteryang memungkinkan
seseorang untuk menemukan teman lama yang sudah lama tidak dijumpai. Karena
itu, peran dari orangtua untuk terus mengarahkan anak-anak agar cerdas dan
berhati-hati menggunakan teknologi sangatlah penting. Jadi, jangan sampai
orangtua tidak peduli perkemangan anak dengan alasan gaptek alias gagap
teknologi ya. (vln)
untuk mendaftar untuk meminta akun YouTube
adalah :
1. bahwa relatif mudah untuk dilakukan.
Ketika Anda mendaftar untuk meminta akun YouTube, Anda perlu menyediakan
sedikit informasi tentang diri Anda.
2. kemampuan untuk menilai video yang
Anda tonton, dan juga meninggalkan komentar..
3. Selain mampu untuk menilai atau
melihat video, mendaftar untuk meminta akun YouTube juga memberikan anda
pilihan untuk berbagi video Anda dengan pengguna internet lain. YouTube
terdaftar non-anggota dapat meng-upload dan berbagi video apapun bahwa mereka
mungkin telah dibuat. Jika Anda belum pernah berbagi video secara online, Anda
mungkin ingin untuk berpikir tentang melakukan hal itu, karena mereka
menyenangkan untuk membuat. Banyak video yang ditemukan di YouTube saat ini
adalah drama komedi, video blog, dan jujur video. Semua benar-benar harus Anda
miliki adalah alat perekam video, seperti telepon seluler, webcam, atau
camcorder, dan program perangkat lunak editing film, yang sekarang sudah
standar pada kebanyakan komputer.
4. Sebagaimana dinyatakan sebelumnya,
menciptakan account dengan YouTube keanggotaan adalah gratis dan hanya
mengambil beberapa menit dari waktu Anda.
Media sosial adalah sebuah media online,
dengan para penggunanya bisa dengan mudah berpartisipasi, berbagi, dan menciptakan.
Media sosial meliputi blog, jejaring sosial, wiki, forum dan dunia virtual.
Sementara, YouTube adalah situs web yang menyediakan berbagai macam video mulai
dari video clip sampai film, serta video-video yang dibuat oleh pengguna
YouTube sendiri.
Berikut dampak positif dan negatif dari
YouTube :
Dampak Positif :
Dampak Positif :
- Dapat mencari video tutorial
- Bisa berbagi keceriaan dengan berbagi-pakai
video yang kita miliki
- Membuat orang kreatif dengan membuat video
yang menarik
Dampak negatif :
- Dapat dipakai untuk mencari video porno
- Video-video kekerasan
- Video yang dapat memperjelek nama seseorang
3.2
Saran
1)
Guru
a. Dampak
YouTube
Agar
siswa lebih mengerti bagaimana penggunaan YouTube pihak guru sebaiknya
mengadakan penyuluhan dampak YouTube membantu siswa dalam penggunaan YouTube yang lebih afektif.
2)
Orang Tua
a.
Ketersediaan berbagai teknologi.
Ada anak yang sebelumnya berprestasi dan
seiring berjalannya waktu, prestasi si anak terus menurun. Setelah diselidiki
secara mendalam, ternyata penurunan mulai terjadi saat orang tua
membelikan Blackberry(BB) untuk si anak. Waktu belajar yang
seyogyanya diisi dengan belajar dihabiskan oleh anak tersebut dengan
sibuk Membuka YouTube melihat video yang tidak pantas dilihat ( SmackDown,
Tinju, video yang aneh-aneh ,dll ). Perkembangan teknologi sering ikut
menghancurkan prestasi yang telah diraih siswa saat digunakan secara tidak
tepat.
b. Dukungan
orang tua
Lingkungan pergaulan juga menjadi salah satu
faktor penting di dalam menciptakan prestasi belajar siswa. Saat anak Anda
bergaul di lingkungan anak-anak yang mau dan senang belajar, anak Anda akan
terpengaruh secara positif untuk melakukan hal yang sama. Lain halnya jika anak
Anda bergaul dengan anak-anak yang senang menghabiskan waktu dengan bermain,
maka anak Anda juga akan mudah terpengaruh untuk melakukan hal yang sama.
3)
Siswa
Motivasi
memegang peranan penting bagi siswa di dalam meraih prestasi. Siswa dengan
motivasi yang tinggi walau kemampuannya biasa saja akan meraih prestasi yang
lebih tinggi dibandingkan dengan siswa dengan kemampuan baik tetapi tanpa
motivasi.
b. Pengaturan
Waktu yang Efektif
Keefektifan
dalam beraktifitas sangat berpengaruh terhadap prestasi seseorang. Oleh karena
itu, gunakan waktu dengan se-efektif mungkin. Terutama dalam pembagian waktu
antar membuka YouTube dengan belajar rutin.
DAFTAR
RUJUKAN
8 Januari 2015 pkl 20.49
8 Januari 2015 pkl 20.54
8 Januari 2015 pkl 21.01
8 Januari 2015 pkl 21.24
8 Januari 2015 pkl 22.22
8 Januari 2015 pkl 23.13
9 Januari 2015 pkl 18.23
17. http://www.kurogaze.net/2014/01/alasan-orang-jepang-tidak-suka-fb.html
9 Januari 2015 pkl 18. 27
18. http://fikarexact.blogspot.com/2013/01/12-fakta-menarik-tentang-internet-di.html
9 Januari 2015 pkl 18.47
LAMPIRAN
DAFTAR PERTANYAAN WAWANCARA
a.
Guru
1) Apakah Anda setuju
jika YouTube di pakai anak smpn 20 Malang?
2) menurut Anda Mengapa YouTube sering di buka orang? Jelaskan!
3) menurut Anda Bagaimana cara terbaik untuk
menggunakan YouTube agar siswa tidak terpengaruh
efek negatif dari YouTube ?
4) Menurut Anda
apakah YouTube membantu siswa SMPN 20 dalam hal prestasi? Mengapa!
5) Apa Anda
mengetahui fungsi utama dari YouTube?
6) Mengapa
orang-orang biasanya belajar menggunakan video di YouTube (seperti tari,menggambar,olahraga)?
7) Apakah Anda mengetahui hal-hal positif di
YouTube? Apa saja!
8) Menurut Anda apakah
keberadaan YouTube sangat membantu siswa smpn 20 Malang dalam biang
pembelajaran?
9) Menurut Anda
Apakah video di YouTube cocok untuk anak SMPN 20?
10) Seandainya Anda sudah kecanduan dengan
YouTube bagaimana cara mengatasinya?
b.
Siswa
1) Apakah Anda
menyukai video di YouTube? Mengapa!
2) Mengapa YouTube digemari banyak orang?
Jelaskan!
3) Menurut Anda bagaimana cara terbaik untuk
menggunakan YouTube agar kita tidak
terpengaruh
efek negatif dari YouTube?
4) Apa YouTube perlu diketahui semua orang? Menapa!
5) Bagaimana cara membedakan dampak positif
daan negatif dari YouTube?
6) Apakah anda biasanya mencari informasi
menggunakan video di YouTube ?
7) Apakah Anda mengetahui hal-hal positif di
YouTube? Apa saja!
8) Apakah
menurut Anda keberadaan YouTube sangat membantu Anda dalam memenuhi tugas dari
Guru
9) menurut anda apakah video yang di tampilkan di YouTube cocok bagi
anda?
10) Seandainya Anda sudah kecanduan dengan
YouTube bagaimana cara mengatasinya?
DAFTAR
PERTANYAAN ANGKET :
No
|
Pertanyaan
|
Ya
|
Tidak
|
Ragu-Ragu
|
1
|
Apakah
Anda pernah membuka video di YouTube?
|
|||
2
|
Menurut
Anda video Di YouTube berpengaruh negatif
bagi Anda?
|
|||
3
|
Menurut
Anda apakah video YouTube baik bagi Anda?
|
|||
4
|
Apakah video di YouTube mengganggu prestasi Anda?
|
|||
5
|
Apa
YouTube cocok bagi anak-anak hingga dewasa?
|
|||
6
|
Apakah
orang lain mengetahui saat anda membuka YouTube?
|
|||
7
|
Apakah
Anda setiap hari melihat video di YouTube?
|
|||
8
|
Apakah
orang tua Anda mengetahui saat anda membuka video di YouTube?
|
|||
9
|
Apakah
selama anda membuka Youtube berada di bawah pengawasan orang tua?
|
|||
10
|
Apakah
anda pernah meng upload Video ke YouTube?
|
|||
11
|
Apakah
Anda pernah mengkritik video di YouTube?
|
|||
12
|
Apakah
YouTube mengganggu waktu pelajaran Anda?
|
|||
13
|
Apakah
video di YouTube membantu Anda untuk menyelesaikan tugas anda?
|
|||
14
|
Menurut
Anda video Di YouTube berpengaruh positif bagi Anda?
|
|||
15
|
Apakah
Anda pernah mendownload video di YouTube?
|
|||
16
|
Apakah
Anda pernah mendownload di YouTube karena tugas dari guru Anda?
|
|||
17
|
Apakah
Anda bisa membedakan dampak positif dengan dampak negatif dari film di
Youtube?
|
|||
18
|
Apakah
Youtube dapat berpengaruh pola pikir Anda?
|
|||
19
|
Apakah
Anda merasa tidak puas jika seharian tidak membuka video di youtube?
|
|||
20
|
Apakah
YouTube merupakan salah satu media untuk Anda belajar?
|
DIAGRAM
HASIL ANGKET
FOTO
PENDUKUNG
Tidak ada komentar:
Posting Komentar